Shockbreaker atau Suspensi Bagian Depan? Inilah 9 Komponen Pembentuk Suspensi Depan Sebuah Sepeda Motor!
Shockbreaker atau Suspensi Bagian Depan? Inilah 9 Komponen Pembentuk Suspensi Depan Sebuah Sepeda Motor!--Foto: instagram-77speedshop_performance
Suspensi depan ini tersusun atas beberapa komponen pembentuk, setidaknya terdapat 9 komponen penting yang membentuknya.
Berikut ini beberapa komponen pembentuk pada suspensi depan sebuah sepeda motor yang perlu untuk diketahui.
Silinder Garpu
Komponen silinder garpu ini mempunyai fungsi sebagai wadah dari minyak oli shockbreaker atau oli suspensi.
Minyak oli shockbreaker atau oli suspensi ini juga perlu untuk diganti agar dapat menghasilkan fungsi peredam kejut yang mampu bekerja dengan baik.
BACA JUGA:Sebanyak 64 Persen Pelaku UMKM Adalah Perempuan, Bukti Emak-Emak Terdepan Penggerak Ekonomi
Seal Oli
Seal oli merupakan komponen pembentuk pada suspensi depan sebuah sepeda motor yang mempunyai fungsi utama untuk dapat menjaga agar oli pada suspensi tidak keluar dari silinder garpu.
Bagian ini sebenarnya memang jarang rusak, namun tentunya tetap perlu dilakukan perawatan. Umumnya kerusakan akan terjadi akibat usia atau kotoran yang melekat, pengendara sebaiknya untuk rutin dalam membersihkan komponen ini agar usia pakainya dapat berlangsung lebih lama.
Seal Debu
Suspensi depan juga mempunyai komponen seal debu yang berfungsi agar dapat menjaga debu dan kotoran tidak masuk ke silinder garpu.
Debu dapat mengkontaminasi minyak suspensi sehingga dapat menurunkan kemampuan dalam meredam getaran, seal debu juga perlu dijaga agar tidak rusak dan perlu dibersihkan secara rutin.
Tabung Garpu
Tabung garpu merupakan komponen pembentuk suspensi depan yang mempunyai fungsi untuk menciptakan sekat atau ruang dari silinder garpu dengan tabung garpu.
Shockbreaker atau Suspensi Bagian Depan? Inilah 9 Komponen Pembentuk Suspensi Depan Sebuah Sepeda Motor!--foto: shopee-raja.motor17
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: berbagai sumber