Perawatan Kampas Kopling Perlu Dilakukan? Inilah 5 Tips Dalam Merawat Komponen Pada Sepeda Motor Ini!

Perawatan Kampas Kopling Perlu Dilakukan? Inilah 5 Tips Dalam Merawat Komponen Pada Sepeda Motor Ini!

Perawatan Kampas Kopling Perlu Dilakukan, Inilah 5 Tips Dalam Merawat Komponen Pada Sepeda Motor Ini--Foto : Freepik.com/@pressfoto

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kampas kopling merupakan salah satu komponen penting yang terdapat pada sebuah sistem transmisi motor.

Meskipun letaknya tersembunyi di balik tutup kopling, komponen ini mempunyai fungsi yang sangat penting, oleh karena itu sangat penting untuk melakukan perawatan kampas kopling dengan tepat.

Jika kampas kopling dirawat dengan baik tentunya akan membuat komponen kampas kopling ini mampu berfungsi secara optimal dan masa pakainya menjadi lebih lama.

Kampas kopling pada sebuah sepeda motor bekerja dengan cara menghubungkan dan memutuskan putaran mesin ke gigi transmisi.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Mengetahui Kondisi Kampas Kopling yang Telah Aus? Inilah 5 Tanda Komponen Ini Telah Rusak!

Jika kampas kopling ini bermasalah, maka akan membuat performa sepeda motor menjadi menurun.  Penggunaan sepeda motor yang terlalu agresif juga dapat berpotensi mempercepat keausan dan kerusakan pada kampas kopling.

 

Berikut ini adalah beberapa tips dalam merawat kampas kopling pada sebuah sepeda motor.

Perhatikan Gaya Berkendara

Gaya berkendara ternyata juga berpengaruh terhadap kampas kopling motor, pengendara disarankan untuk menjaga putaran mesin (rpm) agar tidak terlalu tinggi dalam kondisi stop and go.

BACA JUGA:Ada Berapa Jenis Kampas Kopling? Inilah 5 Jenis Kampas Kopling yang Terdapat Pada Sepeda Motor!

Jika putaran mesin dibiarkan terlalu tinggi tentunya membuat gesekan pada kampas kopling akan menjadi semakin besar.

Gaya berkendara yang terburu-buru atau terlalu kasar juga dapat mempengaruhi kinerja dan usia pakai dari kampas kopling.

Jadi, pengendara perlu menghindari mengoperasikan tuas kopling secara kasar dengan menarik tuasnya secara tiba-tiba atau melepasnya dengan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber