Perawatan Kampas Kopling Perlu Dilakukan? Inilah 5 Tips Dalam Merawat Komponen Pada Sepeda Motor Ini!

Perawatan Kampas Kopling Perlu Dilakukan? Inilah 5 Tips Dalam Merawat Komponen Pada Sepeda Motor Ini!

Perawatan Kampas Kopling Perlu Dilakukan, Inilah 5 Tips Dalam Merawat Komponen Pada Sepeda Motor Ini--Foto : Freepik.com/@pressfoto

Pengendara juga perlu menghindari pemakaian kopling yang berlebihan dan hindari kebiasaan menahan setengah kopling karena dapat membuat kampasnya menjadi lebih cepat aus akibat kondisi gesekan yang tidak optimal.

BACA JUGA:Memahami Jenis-Jenis Kopling Motor, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Kemudian, jangan lupa untuk mengatur posisi kopling dengan benar. Pengendara sangat disarankan untuk menjaga jarak antara handle kopling dan tuas agar tidak terlalu jauh dan dapat bergerak dengan leluasa.

 

Jangan Malas Mengganti Gigi

Bagi para pengendara yang menggunakan motor manual jangan sesekali untuk malas mengganti gigi, hal ini juga berlaku pada motor kopling yang juga mempunyai gigi pada mesinnya.

Jika pengendara sedang berada di lampu merah dan berhenti, usahakan agar gigi motor tidak berada pada angka tiga atau lebih.

BACA JUGA: Deretan Mobil Mewah Pemain Sepak Bola, Dari Beckham hingga Neymar, Harga Fantastis Mencapai Ratusan Miliar


Gaya berkendara ternyata juga berpengaruh terhadap kampas kopling motor --Foto : Freepik.com/@azerbaijan_stockers

Karena saat berada pada gigi tiga atau lebih, kemungkinan besar sepeda motor akan membutuhkan energi yang lebih besar saat melakukan gas awal.

Kondisi ini tentunya dapat memicu masalah pada kampas kopling menjadi cepat aus. Pengendara sebaiknya mengurangi giginya saat berhenti lalu ditambah pada saat sedang melaju dengan kecepatan yang tinggi.

 

Lakukan Pengecekan Kampas Kopling

Pengendara perlu melakukan pengecekan kampas kopling secara rutin terutama pada saat motor mulai mengalami masalah dengan transmisi dan performa.

BACA JUGA:Mengenal Sistem kerja Kopling Terdapat Pada Sepeda Motor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber