Perawatan Kampas Kopling Perlu Dilakukan? Inilah 5 Tips Dalam Merawat Komponen Pada Sepeda Motor Ini!

Perawatan Kampas Kopling Perlu Dilakukan? Inilah 5 Tips Dalam Merawat Komponen Pada Sepeda Motor Ini!

Perawatan Kampas Kopling Perlu Dilakukan, Inilah 5 Tips Dalam Merawat Komponen Pada Sepeda Motor Ini--Foto : Freepik.com/@pressfoto

Kampas kopling yang mengalami masalah seperti aus dan menipis tentunya dapat memicu gangguan pada transmisi dan juga gigi.

Dengan melakukan pengecekan secara rutin tentunya membuat kemungkinan terjadinya masalah akan semakin rendah.

 

Lakukan Penggantian Oli Secara Rutin

Pengendara terkadang sering mengabaikan penggantian oli mesin, padahal masalah oli mesin ini sangat krusial dan perlu dilakukan secara rutin setiap beberapa ribu kilometer.

BACA JUGA:6 Tips Perawatan Sepeda Motor yang Menggunakan Kopling!

Jika oli tidak diganti, dapat menyebabkan adanya partikel lain yang terdapat di dalam oli sehingga memicu penurunan fungsi dari mesin kopling yang sedang dijalankan.

Penggantian oli umumnya disesuaikan dengan jenis oli yang digunakan, terdapat standar tertentu dari masing-masing oli yang perlu diperhatikan.

Selain itu, pengendara juga tidak bisa menggunakan oli untuk motor secara asal-asalan. Secara umum penggantian oli perlu dilakukan setelah menempuh perjalanan sekitar 2.000 km, jika sudah lebih dari itu segera ganti oli mesin agar fungsinya tidak menurun.

Jika oli tidak segera diganti maka kemungkinan akan terjadi gesekan pada mesin hingga terjadi overheating atau mesin terlalu panas menjadi sangat besar.

BACA JUGA:Ingin Mesin Mobil Menjadi Irit Bahan Bakar? Inilah 6 Tips Dalam Menghemat Penggunaan BBM Pada Sebuah Mobil!


Pengendara perlu melakukan pengecekan kampas kopling secara rutin--Foto : Instagram.com/@sat_motor

 

Membersihkan Kabel Kopling

Tarikan kopling pada motor ini bisa saja menjadi agak tersendat dan keras, hal ini dapat memicu penurunan kecepatan dari sepeda motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber