Ada Berapa Jenis Kampas Kopling? Inilah 5 Jenis Kampas Kopling yang Terdapat Pada Sepeda Motor!

Ada Berapa Jenis Kampas Kopling? Inilah 5 Jenis Kampas Kopling yang Terdapat Pada Sepeda Motor!

Ada Berapa Jenis Kampas Kopling? Inilah 5 Jenis Kampas Kopling yang Terdapat Pada Sepeda Motor!--Foto instagram/@eligindonesia

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kampas kopling merupakan salah satu komponen pada sepeda motor yang mempunyai peran penting dalam menghubungkan dan memutuskan hubungan antara mesin dengan transmisi.

Kampas kopling juga berfungsi untuk mentransmisikan tenaga putaran mesin menuju transmisi dan menuju roda penggerak motor.

Dengan melakukan kontrol terhadap tuas kopling, pengendara dapat memutuskan atau menghubungkan tenaga mesin dengan transmisi sesuai kebutuhan.

Pengendara melakukan kontrol pada tuas kopling saat melakukan perpindahan gigi, menghentikan laju sepeda motor, atau mempercepat laju sepeda motor.

BACA JUGA: 3 Komisioner Bawaslu OI Dituntut 4 Tahun Penjara, Dugaan Korupsi Dana Hibah Pilkada OI Tahun 2020

Pada sepeda motor terdapat beberapa jenis kampas kopling yang umumnya digunakan oleh para pengendara motor.

Berikut ini beberapa jenis kampas kopling yang terdapat pada sepeda motor dalam membantu pengendara melakukan perjalanan.

Wet Clutch atau Kampas Kopling Basah

Wet clutch atau kampas kopling basah merupakan jenis kampas kopling yang terendam di dalam minyak mesin.

Jenis kampas kopling ini umumnya digunakan pada sepeda motor dengan transmisi manual, minyak mesin mempunyai fungsi untuk melumasi dan mendinginkan kampas kopling pada saat terjadi gesekan.

Karena terendam minyak mesin maka perawatan pada kampas kopling dengan jenis ini relatif lebih mudah dan mempunyai daya tahan yang baik.


Ada Berapa Jenis Kampas Kopling? Inilah 5 Jenis Kampas Kopling yang Terdapat Pada Sepeda Motor!--foto instagram/@fhm_mx

Kampas kopling basah ini sangat cocok untuk digunakan pada pemakaian harian namun kurang cocok untuk motor sport atau sepeda motor dengan high performance.

Dry Clutch atau Kampas Kopling Kering

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber