Peristiwa Mengerikan yang Rasulullah SAW Saksikan Saat Isra’ Mi’raj, Siksa Neraka atas Dosa Manusia di Dunia!

Peristiwa Mengerikan yang Rasulullah SAW Saksikan Saat Isra’ Mi’raj, Siksa Neraka atas Dosa Manusia di Dunia!

Peristiwa mengerikan yang disaksikan Rasulullah SAW saat Isra’’ Mi’raj, siksa neraka atas dosa manusia di dunia.--freepik.com/@freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pada hari Kamis, 8 Februari 2024 yang akan datang, umat Islam akan memperingati Isra’ Mi’raj yang jatuh pada tanggal 27 Rajab dalam kalender Hijriah.

Dalam perjalanan Isra’ Mi’raj tersebut, Nabi Muhammad SAW menyaksikan berbagai peristiwa penting, termasuk pemandangan surga dan neraka.

Dilansir dari laman Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Isra’ Mi'raj adalah dua perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam satu malam.

Isra’ mengacu pada perjalanan malam hari dari Mekah ke Baitul Maqdis di Yerusalem, Palestina, dengan menunggangi Buraq.

BACA JUGA:Mengenang Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam di Bulan Rajab, Mulai Isra Mi'raj hingga Perubahan Arah Kiblat

Sementara Mi'raj adalah perjalanan Nabi Muhammad menuju langit ketujuh, Sidratul Muntaha, di mana beliau bertemu dengan Allah SWT.

Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa penting bagi kaum muslimin karena pada saat itu, Nabi Muhammad SAW menerima perintah langsung dari Allah SWT untuk mendirikan salat lima waktu setiap hari.

Tidak hanya itu, Rasulullah SAW juga diperlihatkan siksa neraka yang menimpa manusia akibat dosa-dosa mereka di dunia. siksa neraka ini juga menimpa sebagian umat Nabi Muhammad SAW.

Dilansir dari kitab Sirah Nabawiyah ar-Rahiq Al-Maktum karya Syeikh Syafiyurrahman Al-Mubarakfuri, diceritakan bagaimana Nabi Muhammad SAW menyaksikan neraka selama perjalanan Isra’ Mi’raj.

BACA JUGA:Tips Memantapkan Hati Ketika Dihadapkan pada Pilihan Sulit, Sesuai Anjuran Rasulullah SAW dan Syariat Islam


Ilustrasi gerbang surga dan gerbang neraka.--freepik.com/@vectorpocket

Berdasarkan hadis riwayat Imam Muslim, Nabi Muhammad SAW menyaksikan bahwa sebagian besar penghuni neraka adalah perempuan.

Beliau berkata, "Dan aku melihat neraka. Aku belum pernah sama sekali melihat pemandangan seperti hari ini. Dan aku lihat ternyata kebanyakan adalah para wanita."

Dalam perjalanan tersebut, Nabi Muhammad SAW juga bertemu dengan malaikat penjaga neraka yang dikenal sebagai malaikat Malik. Malaikat ini digambarkan sebagai sosok yang tidak pernah tersenyum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber