Catat! Peringatan Isra Mi’raj 2023 Jatuh Tanggal 18 Februari 2023

Catat! Peringatan Isra Mi’raj 2023 Jatuh Tanggal 18 Februari 2023

Masjid Al Aqsa.-UmmePhotos-pixabay.com/UmmePhotos

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Simak sampai akhir artikel ini untuk mengetahui informasi pada Sabtu tanggal 18 Februari 2023 hari apakah itu? Kenapa tanggal 18 Februari 2023 menjadi hari yang  ditunggu banyak orang? Apakah tanggal 18 Februari hari libur nasional?

Seperti yang kita ketahui di setiap negara di dunia pasti memiliki tanggal-tanggal atau hari yang dianggap penting dan akan diperingati setiap tahunnya oleh penduduknya. Pada tanggal atau hari tersebut dianggap menjadi penanda terjadinya peristiwa penting atau fenomena langka yang tak akan pernah terulang kembali nantinya.

Begitu pula pada hari Sabtu 18 Februari 2023 atau tanggal 27 Rajab menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang di Indonesia, khususnya oleh para kaum muslimin. Bukan hanya karena pada tanggal 18 Februari merupakan tanggal merah dan menjadi hari libur nasional, melainkan tanggal tersebut adalah tanggal yang ditetapkan menjadi hari peringatan Isra Mi’raj tahun 2023. Peringatan hari Isra Mi’raj adalah salah satu Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) yang paling ditunggu oleh umat Islam di dunia. Pada hari tersebut telah terjadi peristiwa yang sangat penting dan berkesan bagi kaum muslimin.

Mengutip dari Wikipedia.com mengenai peristiwa Isra Mi’raj dan mengapa hari tersebut menjadi hari penting bagi umat Islam.

BACA JUGA:Dampak Anonimitas Terhadap Kebebasan Berpendapat di Media Sosial

BACA JUGA:Cara Membuat Kerajinan Celengan dari Bubur Kertas

Isra Mi’raj dalam transliterasi bahasa arab al-’Isrā’ wal-Mi‘rāj adalah dua bagian perjalanan yang dilakukan oleh nabi besar umat Islam yaitu Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam saja. Isra Mi’raj menjadi peristiwa yang penting bagi umat Islam karena peristiwa tersebut yang menjadikan adanya perintah wajib bagi umat muslim yaitu menjalankan salat lima waktu dalam sehari semalam. Penggambaran dari adanya peristiwa tersebut juga telah tercantumkan dalam surah ke-17 dalam Al-Qur’an yaitu pada surat Al-Isra.

Peristiwa Isra Mi’raj yang terjadi pada periode akhir kenabian di Makkah sebelum nabi besar Islam Muhammad SAW hijrah ke Madinah. Menurut mayoritas ulama Indonesia, peristiwa Isra Mi’raj terjadi pada tahun pertama sebelum hijrah, yaitu antara tahun 620-621 M.

Sedangkan pada hari Sabtu esok 18 Februari 2023, menjadi hari libur nasional karena telah ditetapkan sebagai hari peringatan besar Islam atau Isra Mi’raj yang berdasarkan keputusan dari Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, bahwa peringatan Isra Mi’raj menjadi hari libur nasional setiap tahunnya.* (Niko Ingrit Kurniawan, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: wikipedia.org