Tape Singkong Makanan Khas Tradisional Indonesia Ternyata Punya Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

Tape Singkong Makanan Khas Tradisional Indonesia Ternyata Punya Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

Tape singkong makanan khas tradisional Indonesia ternayata punya manfaat bagi kesehatan tubuh.--instagram.com/@meibasuki

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Tape singkong merupakan makanan tradisional khas Indonesia yang sering dijadikan camilan atau diolah menjadi berbagai hidangan.

Ternyata, tape singkong memiliki potensi kesehatan yang sungguh luar biasa bagi tubuh. Salah satunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Terdapat dua varian tape singkong yang umum dikenal, yaitu tape singkong kering yang digantung dengan tampilan mirip bedak putih, dan tape singkong biasa yang lebih lembut dan basah.

Kedua varian ini memiliki kandungan nutrisi yang hampir serupa dan memberikan manfaat baik bagi tubuh.

BACA JUGA:7 Resep Rahasia Bikin Nasi Goreng Seafood, Gurih, Lezat, dan Menggoda Selera!

Tape singkong mengandung asam laktat yang diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau kekebalan (imunitas). Selain meningkatkan imunitas, tape singkong juga dapat mencegah anemia.

Proses fermentasi tape singkong meningkatkan produksi vitamin B12 yang penting untuk mendukung produksi sel darah merah.

Dari proses fermentasi tape singkong meningkatkan produksi thiamin yang berperan dalam meningkatkan sistem otot dan neuron manusia.

Proses fermentasi pada tape singkong juga dapat meningkatkan produksi probiotik dan asam laktat yang dapat melancarkan pencernaan.

BACA JUGA:Asal kuliner pindang Tulang dan resep Rumahan sedap serta Cara Membuatnya

Artinya, dapat membunuh bakteri jahat dan membantu bakteri baik dalam melancarkan pencernaan.

Kandungan kalium dalam tape singkong membantu mengontrol tekanan darah, detak jantung serta menjaga pembuluh darah tetap bersih dan lancar, mencegah penyakit hipertensi dan kardiovaskular.

Bakteri baik dan asam laktat yang dihasilkan selama fermentasi tape singkong berperan dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Asam laktat dalam tape singkong tidak hanya mencegah kolesterol, tetapi juga dapat mencegah pembentukan sel-sel penyebab kanker. Selain itu, dapat membunuh radikal bebas dalam tubuh karena kandungan antioksidan yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber