Kelezatan Kuliner Tradisional Khas Bangka Belitung, Mie Koba yang Selalu Jadi Incaran Para Pelancong

Kelezatan Kuliner Tradisional Khas Bangka Belitung, Mie Koba yang Selalu Jadi Incaran Para Pelancong

Kelezatan Kuliner Tradisional khas Bangka Belitung, Mie Koba--instagram.com/@marhezaayu

PALEMBANG, PALTV,CO.ID - Mie, makanan yang paling banyak dicari selain rasanya enak, simple dan banyak variasinya. Mie satu ini beda dari biasanya, Mie Koba salah satu warisan kuliner yang kaya dari daerah Bangka Belitung, hidangan unik yang menggoda lidah.

Mie ini berasal dari Kota Koba di Kabupaten Bangka Tengah dan terkenal dengan kuah ikan tenggiri yang memikat. Mie Koba menjadi pilihan kuliner yang populer di wilayah ini, terutama di Kota Koba. Selain martabak Bangka dan otak-otak Bangka.

Keunikan rasa mie yang menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utama kuahnya. DibMie Koba disajikan dengan tambahan tauge, tomat, dan berbagai tambahan hidangan yang membuatnya semakin lezat.

Hampir mirip dengan mie celor yakni berbahan dasar mie dan tauge. Bedanya mie celor Palembang menggunakan kaldu udang dan maizena sehingga lebih kental. Sementara mie Koba menggunakan kuah dari kuah ikan tenggiri.

BACA JUGA:Jelang Perjalanan Ibadah Haji 2024, Kemenag Sumsel Umumkan 54 Petugas Haji

Taburan irisan seledri, dan bawang goreng makin membuat mie koba menjadi begitu spesial dan makin lengkap. Semua bahan tersebut disajikan dalam kuah yang dibuat dari ikan tenggiri, memberikan cita rasa yang luar biasa.

Di Bangka, kita bisa menemukan Mie Koba di berbagai daerah di Kota Bangka.Sebut saja Mie Koba Iskandar, mie Koba Sungailiat dan beberapa tempat lain di pulau Bangka. Selain bisa dinikmati di tempat, mie Koba tetap enak jika dibawa pulang.

Salah satu tempat yang terkenal berlokasi di Jalan Balai, Pangkalpinang. Kedai ini telah menjadi tujuan utama bagi ratusan pengunjung setiap hari yang ingin menikmati Mie Koba sejak tahun 1980-an.

Kelezatan Mie Koba semakin terasa dengan tambahan perasan jeruk kunci. Perasan jeruk ini, dengan bentuk mirip jeruk nipis, memberikan sentuhan khas pada rasa dan aroma Mie Koba.

BACA JUGA:Warga Bom Berlian di Banyuasin Keluhkan Banjir Akibat Proyek Jalan Tol Kapaltung

Bagi yang belum sempat mencicipi kuliner satu ini bisa mencoba membuatnya di rumah, gunakan bahan yang sama agar cita rasanyapun tetap sama.

Bahan yang digunakan adalah 5 siung bawang putih, 7 siung bawang merah, 2 batang kayu manis, 2 bunga lawang, sedikit cengkih, satu bongkah gula merah, dan 3 lembar daun salam.

Kemudian kecap asin secukupnya, air secukupnya, kecap manis secukupnya, garam, lada, dan penyedap rasa jika suka. Mie telur yang telah direbus sisihkan, siapkan tauge, tomat, seledri, jeruk nipis, dan bawang goreng.

Cara Membuat:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber