Mengenal Jepang! Negara Teknologi Terdepan Tapi Budaya Tak Pernah Tinggal

Mengenal Jepang! Negara Teknologi Terdepan Tapi Budaya Tak Pernah Tinggal

Kesopan Santunan Negara Jepang yang Menjadi Ciri Khas--Foto : Instagram@ Sofia M

Koinobori: Festival layang-layang berbentuk ikan yang diadakan setiap tahun pada tanggal 5 Mei untuk memperingati Hari Anak. Layang-layang ini terbuat dari kain dan berbagai model dijahit sesuai ukuran yang dibutuhkan. 

BACA JUGA:Ini Aturan Tidak Tertulis di Jepang yang Harus Diperhatikan Turis Ketika Berkunjung

Fuji Matsuri: Tradisi merayakan mekarnya bunga Fuji. Untuk menikmati keindahan bunga Fuji, orang Jepang pergi ke Kuil Kameido Tenjin. 

Hiwatarisai: Artinya berjalan menembus api. Ritual ini dilakukan oleh yamabushi (Buddha Uang) yang bermeditasi di pegunungan dan berdoa untuk perdamaian dunia. 

Chanoyu: Artinya bekerja dan minum teh. Ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan saat membuat teh, yaitu tidak menggunakan gula,  diminum panas-panas, disaring, dan  tidak ada kotoran yang tertinggal.

 

3. Tata Krama Budaya Jepang

Selain ciri-ciri di atas, Jepang juga terkenal dengan budaya dan tradisinya. Beberapa tradisi  Jepang yang bisa dijadikan inspirasi antara lain: 

BACA JUGA:Dampak Gempa Besar di Jepang! 222 Orang Masih Hilang Setelah Lima Hari

Disiplin

Untuk mempelajari orang Jepang sangat sopan dan menghargai waktu. Sekalipun Anda diperbolehkan datang terlambat 10 menit, Anda tidak akan malu terlambat. Jika Anda berkesempatan belajar di luar negeri, pastikan Anda datang tepat waktu. 

Bertamu Membawa Bingkisan

Bawalah oleh-oleh untuk perjalanan Anda orang Jepang  membawa oleh-oleh atau omiyage saat berkunjung. Makanan ini tidak boleh dipotong atau dibuat pada jam 4 atau 9 karena dianggap sebagai pertanda nasib buruk dan penderitaan. Selain makanan, mereka kerap membawakan hadiah yang berguna untuk pemiliknya. 

BACA JUGA:Dampak Gempa Besar di Jepang! 222 Orang Masih Hilang Setelah Lima Hari

Lepaskan sepatumu  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber