Tips Menghindari Asam Lambung Kambuh Saat Puasa

Tips Menghindari Asam Lambung Kambuh Saat Puasa

Sebaiknya mengurangi risiko asam lambung menjadi naik saat menjalankan ibadah puasa.-mohamed_hassan-pixabay.com/mohamed_hassan

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Menjalani ibadah puasa menjadi salah satu kewajiban bagi umat Islam di seluruh dunia. Pada saat masih anak-anak, kebanyakan orang akan dilatih berpuasa. Hal ini tidak menjadi sesuatu yang berat.

Terkecuali bagi mereka yang mengidap masalah pencernaan seperti pengidap penyakit asam lambung. Selain merasa tidak nyaman, mereka yang mengidap penyakit asam lambung ini akan terganggu aktivitasnya selama menjalankan ibadah puasa.

Banyak faktor yang menjadi pemicu naiknya asam lambung ketika puasa. Tentunya, kebiasaan-kebiasaan tersebut harus dihindari saat puasa agar asam lambung tidak naik. Berikut ini beberapa tips mengatasi asam lambung kambuh saat puasa.

1. Perhatikan Juga Porsi Makan

BACA JUGA:5 Jus Sayuran yang Direkomendasikan dan Menyehatkan Saat Berbuka Puasa

BACA JUGA:4 Putra Bintang NBA Ikut Nike Hoop Summit

Memperhatikan porsi makan menjadi salah satu tips untuk mengatasi kambuhnya asam lambung. Pada saat berbuka, usahakan untuk tidak menyantap makanan dalam porsi besar sekaligus. Sebab, mengonsumsi makanan secara berlebihan menjadi penyebab kerja organ pencernaan terbebani. Untuk mencegah asam lambung naik saat puasa, Anda hanya perlu mengubah porsi makan menjadi perlahan dulu.

2. Perhatikan Asupan Makanan Saat Sahur dan Berbuka

Apabila Anda makan sahur dan berbuka dengan makanan yang tidak tepat, maka asam lambung akan mudah naik. Oleh sebab itu, memilih makanan menjadi hal yang penting dalam mencegah asam lambung naik seperti, makanan yang berlemak, pedas, asam seperti kopi, minuman bersoda, cokelat, santan, dan gorengan.

Sementara pada saat sahur, untuk menjaga kesehatan lambung usahakan mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, kol, brokoli, kacang hijau, atau seledri. Beberapa jenis sayuran tersebut diketahui rendah akan kandungan asam, sehingga dipercaya dapat meredakan kondisi refluks pada perut.

BACA JUGA:Timnas Basket 3x3 Putra Indonesia Siap Gempur SEA Games 2023 Meski Persiapan Mepet

BACA JUGA:Video: Ditembak Saat Jualan Ayam di Pasar 10 Ulu, Korban Akui Begini

3. Hindari Terlalu Banyak Minum dan Langsung Tidur setelah Makan

Apabila Anda terlalu sering minum air ketika makan sahur dan berbuka, hal tersebut menjadi salah satu pemicu perut menjadi kembung sehingga makanan menjadi sulit dicerna. Berilah jeda setelah makan sahur atau berbuka ketika minum air. Kemudian, dianjurkan untuk tidak langsung tidur setelah sahur. Sebab, kebiasaan ini menjadi pemicu refluks asam lambung naik ke kerongkongan diiringi dengan makanan yang kamu konsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc.com