Niat Kredit Mobil?. Pahami Istilah OTR (On the Road) dan Apa Saja Yang Didapat

Niat Kredit Mobil?. Pahami Istilah  OTR (On the Road) dan Apa Saja Yang Didapat

Niat Kredit Mobil?. Pahami Istilah OTR (On the Road) dan Apa Saja Yang Didapat--pixabay.com

BACA JUGA:OJK Terbitkan Aturan Baru Untuk Dukung Transformasi Digital Sektor Perbankan

Keunggulan Harga OTR

1. Harga Sudah Termasuk Pengurusan Dokumen dan Pajak Kendaraan: Harga OTR mencakup semua biaya administrasi, termasuk pengurusan dokumen seperti STNK, TNKB, dan BPKB, serta pembayaran pajak kendaraan.

2. Praktis dan Efisien: Proses pembelian lebih praktis dan efisien karena Anda tidak perlu melalui tahap administrasi kepemilikan untuk mengurus dokumen.

3. Dapat Langsung Digunakan: Setelah pembelian resmi, Anda dapat langsung menggunakan kendaraan karena semua dokumen dan pajak sudah diurus. 

BACA JUGA:Kaleidoskop Sepak Bola 2023: Indonesia Pertama Kali Jadi Tuan Rumah Sepak Bola Piala Dunia U-17 2023

Kelemahan Harga OTR

1. Nominal Pembayaran Lebih Tinggi: Harga OTR biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan harga Off the Road.

2. Perbedaan Harga OTR di Setiap Daerah: Harga OTR dapat bervariasi antar daerah karena dipengaruhi oleh faktor seperti tarif biro jasa, biaya pajak, biaya distribusi kendaraan, dan faktor-faktor lainnya.

Mengapa Harga OTR Berbeda di Setiap Daerah?

BACA JUGA:Kampas Rem Motor Anda Tidak Terawat ? Coba Ketahui Tips Berikut ini

Perbedaan harga OTR di setiap daerah tidak terjadi tanpa alasan. Beberapa faktor yang memengaruhi perbedaan tersebut antara lain:

1. Tarif Biro Jasa: Tarif dari biro jasa seperti Samsat, Polri, hingga Dispenda dapat berbeda-beda setiap daerah, sehingga mempengaruhi total harga OTR.

2. Biaya Pajak dan Non-pajak: Setiap daerah memiliki aturan dan kebijakan berbeda terkait nilai pajak kendaraan, serta biaya non-pajak seperti STCK, STNK, TNKB, dan BPKB.

3. Biaya Distribusi Kendaraan: Faktor ini dipengaruhi oleh perbedaan jarak antara pusat produksi kendaraan dan wilayah tujuan distribusinya. Perbedaan jarak ini dapat memengaruhi biaya distribusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber