Kampas Rem Motor Anda Tidak Terawat ? Coba Ketahui Tips Berikut ini

Kampas Rem Motor Anda Tidak Terawat ? Coba Ketahui Tips Berikut ini

Kampas Rem Motor Anda Tidak Terawat ? Coba Ketahui Tips Berikut ini--youtube.com/@barayamotor

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Kampas rem motor merupakan salah satu elemen penting dalam sistem pengereman sepeda motor yang bertugas untuk menekan bagian cakram atau dinding tromol bagian dalam.

Hal ini bertujuan agar daya gesek yang dihasilkan mampu mengurangi kecepatan dan akhirnya menghentikan putaran roda. Peran kampas rem motor sangatlah penting dalam menciptakan kenyamanan dan keselamatan saat berkendara.

Ketidakhati-hatian dalam melakukan pemeriksaan dan perawatan pada kampas rem dapat memiliki konsekuensi yang fatal. Hal ini dikarenakan sistem rem merupakan salah satu komponen penopang utama dalam menjaga keselamatan selama berkendara.

Oleh karena itu, setiap pengendara perlu menjalankan pemeriksaan menyeluruh dan perawatan pada sepeda motor mereka.

BACA JUGA:Bagaimana Otomotif 2024?. Ini 25 Merk Mobil Listrik Yang Duluan Mengaspal di Indonesia Tahun 2023

Selain itu, merawat kampas rem dengan baik tidak hanya memperpanjang umur pakai mereka, tetapi juga meningkatkan keselamatan berkendara secara keseluruhan. Hal ini bertujuan agar bagian kampas rem motor juga mendapatkan perhatian dan perawatan yang sesuai.

Tips Agar Kampas Rem pada Motor Anda Dapat Terawat Dengan Baik

Bersihkan Kampas Rem Secara Berkala. Merawat kampas rem motor dapat dimulai dengan membersihkan sistem pengereman secara teratur. Kotoran yang dibiarkan lama dapat mengganggu efektivitas kinerja khususnya di area kampas rem, sementara pasir dan kerikil halus yang menempel berisiko menggores dinding kampas dan cakram.

Lakukan pencucian menggunakan air bersih dan pastikan tidak ada lagi debu, pasir, atau kotoran lain yang menempel pada kaliper dan pin fleksibel. Tujuannya adalah untuk memastikan tekanan yang diberikan kampas rem merata.

BACA JUGA:Cara Mandiri Bersihkan Radiator Mobil Dengan Alat Sederhana Saja

Perhatikan Jarak Kampas Rem Dengan Cakram

Perhatikan agar terdapat jarak bebas antara kampas rem motor dan cakram. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah gesekan yang terus-menerus antara kedua komponen tersebut, bahkan ketika tuas rem tidak sedang digunakan.

Ketika terjadi gesekan berkelanjutan antara cakram dan kampas rem, kemungkinan besar cakram dan kampas tersebut akan mengalami keausan yang signifikan. Dampaknya, sistem rem dapat mengalami ketidaknormalan dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Lumasi Laher atau Bearing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber