5 Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2 yang Perlu Kamu Tahu

5 Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2 yang Perlu Kamu Tahu

5 Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2 yang Perlu Kamu Tahu--freepik

Perbedaan diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 dapat dilihat melalui berbagai faktor seperti penyebab, gejala, usia penderita, proses diagnosis, cara pengobatan, dan cara pencegahan. Di bawah ini adalah penjelasan masing-masing.

BACA JUGA:Penting! Ini Alasan Beras Merah Lebih Aman Dikonsumsi Lansia dan Penderita Diabetes

1. Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 dari Segi Penyebab

Pada diabetes tipe 1, sel beta pankreas hancur dan produksi insulin menurun. Akibatnya, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap gula dari darah dan kadar gula darah pun meningkat. 

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh penyakit autoimun yang membunuh antibodi yang seharusnya melindungi tubuh dari penyakit dan menyerang sel-sel tubuh sendiri. 

Dalam hal ini, antibodi menyerang sel beta pankreas. Belum jelas mengapa antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan menyerang sel beta pankreas.

BACA JUGA:Mitos atau Fakta: Kandungan Nutrisi dari 100 Gram Apel Hijau Dapat Sembuhkan Diabetes dan Kanker?

5 Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2 yang Perlu Kamu Tahu--freepik

Namun hal ini diduga berkaitan dengan faktor genetik (keturunan) dan beberapa penyakit virus, seperti virus gondongan dan virus coxsackie. 

Sedangkan pada diabetes tipe 2, insulin biasanya diproduksi, namun sel-sel tubuh kurang sensitif dan insulin tidak dapat digunakan dengan baik. Akibatnya, kadar gula darah meningkat, mirip dengan diabetes tipe 1.

Belum diketahui penyebab sel-sel tubuh rusak dan tidak dapat menggunakan insulin dengan baik. Namun,  beberapa faktor diketahui meningkatkan risiko diabetes tipe 2, antara lain gaya hidup yang kurang gerak, obesitas, dan usia lanjut.

2. Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 dari Segi Pengobatan

BACA JUGA:Apakah diabetes dapat menyebabkan kerontokan rambut?

Penderita diabetes pada tipe 1 tidak dapat memproduksi jenis hormon insulin. Hal ini membuat Anda bergantung sepenuhnya pada insulin suntik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber