5 Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2 yang Perlu Kamu Tahu

5 Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2 yang Perlu Kamu Tahu

5 Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2 yang Perlu Kamu Tahu--freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pastinya sobat Persada sudah tahu tentang penyakit diabetes kan? Menurut laporan International diabetes Federation (IDF), jumlah penderita diabetes tipe 1 di Indonesia diperkirakan akan mencapai 41,8 juta pada tahun 2022.  

Angka tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penderita diabetes tipe 1 tertinggi di ASEAN dan menempati peringkat ke-34 dari 204 negara di dunia. Jadi apa sebenarnya diabetes itu? Apa saja gejalanya dan bagaimana cara mencegahnya? 

Diabetes adalah penyakit metabolisme yang kadar gula darahnya lumayan tinggi. Tubuh mungkin tidak memproduksi cukup  insulin, atau insulin yang diproduksi pankreas tidak dapat digunakan dengan baik.

Insulin merupakan hormon alami yang diproduksi tubuh yang  membantu tubuh mengontrol kadar gula  darah sekaligus mengarahkan glukosa sebagai sumber energi dari otot, lemak, dan hati.

BACA JUGA:Penderita Diabetes: Ini Cara Membuat Nasi menjadi Kenikmatan Yang Ramah Diabetes

Kalian harus tahu juga dengan hal ini. Diabetes melitus atau  dikenal juga dengan sebutan kencing manis merupakan penyakit kronis yang terjadi ketika kadar gula darah mencapai batas tertentu di dalam tubuh.

Pada dasarnya penyakit kronis ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Lalu apa perbedaan diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2

Ada dua jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2, meski gejalanya lumayan mirip, namun penyebabnya dan pengobatannya sangat berbeda.

Ditemukan bahwa diabetes tipe 1, tubuh tidak dapat memproduksi hormon yang bernama insulin. Sedangkan pada diabetes tipe 2, sel-sel tubuh menjadi kurang sensitif terhadap hormon insulin, padahal produksi dan kadar  insulin normal.

BACA JUGA:Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Setiap Hari Makan 1 Alpukat? Ini Kata Ahli Diabetes


5 Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2 yang Perlu Kamu Tahu--freepik

Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas. Hormon ini membantu tubuh mengambil gula dari darah dan mengubahnya menjadi energi.

Mari kita simak lebih dekat perbedaan diabetes tipe 1 dan tipe 2 pada pembahasan berikut.

Perbedaan antara diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber