7 Obat Diabetes yang Aman dan Efektif untuk Diabetes Tipe 1 dan 2

7 Obat Diabetes yang Aman dan Efektif untuk Diabetes Tipe 1 dan 2

7 Obat Diabetes yang Aman dan Efektif untuk Diabetes Tipe 1 dan 2--Foto twitter: @theclakn

2. Amaryl

BACA JUGA:Penting! Ini Alasan Beras Merah Lebih Aman Dikonsumsi Lansia dan Penderita Diabetes

Obat ini mengandung glimepiride dan sulfonilurea antidiabetik. Amaryl bekerja dengan merangsang produksi insulin dan membantu tubuh menggunakannya. Amaryl tidak dapat digunakan pada penderita diabetes tipe 1 yang tidak dapat memproduksi insulin.

Obat ini tergolong obat ringan dan memiliki efek samping seperti muntah, mual, diare, nyeri  ulu hati, dan sembelit.

Selain glimepiride generik, ada juga glimepiride paten. Amaryl merupakan salah satu merk glimepiride yang diproduksi oleh Sanofi Aventis.

Obat Amaryl ada dua jenis: Amaryl yang hanya mengandung glimepiride, atau Amaryl M yang mengandung bahan aktif glimepiride dan metformin HCl (dua bahan aktif dalam satu obat).

BACA JUGA:Mitos atau Fakta: Kandungan Nutrisi dari 100 Gram Apel Hijau Dapat Sembuhkan Diabetes dan Kanker?

Dalam kombinasi, Amaryl M tersedia dalam dua dosis: 1 mg glimepiride dan 250 mg metformin, serta 2 mg glimepiride dan 500 mg metformin.

Di sisi lain, glimepiride kekuatan tunggal Amaryl  tersedia dalam empat dosis: 1 mg, 2 mg, 3 mg, dan 4 mg. Harga: mulai Rp4.878 per tablet.

3. Trajenta Duo

Trajenta Duo adalah obat diabetes  yang mengandung linagliptin dan metformin hidroklorida. Dosis kombinasi metformin bervariasi, antara lain 500 mg, 850 mg, dan 1.000 mg metformin.

BACA JUGA:Apakah diabetes dapat menyebabkan kerontokan rambut?


7 Obat Diabetes yang Aman dan Efektif untuk Diabetes Tipe 1 dan 2--foto twitter: @Ravispecialitiespharma_RSP

Saat ini, dosis gabungan linagliptin adalah 2,5 mg. Linagliptin merupakan  obat diabetes  tipe 2 yang termasuk dalam kelompok inhibitor peptil pepridase-4 (DPP-4).

Golongan obat ini bekerja menurunkan gula darah dengan meningkatkan produksi zat yang merangsang produksi insulin di pankreas. Kisaran harga: Rp13.658 per tablet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber