Anatomi Organ Tubuh Manusia: Kenali 6 Bagian Utama Setiap Organ

Anatomi Organ Tubuh Manusia: Kenali 6 Bagian Utama Setiap Organ

Anatomi Organ Tubuh Manusia: Kenali 6 Bagian Utama Setiap Organ--freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Organ tubuh manusia dan fungsinya merupakan kumpulan organ-organ yang saling menunjang dan bekerja sama untuk menjaga agar tubuh tetap berfungsi. Dalam biologi, organ adalah sekelompok jaringan yang mempunyai fungsi serupa.  

Organ adalah bagian organisme hidup yang mempunyai fungsi tertentu dan terlibat dalam menjalankan berbagai proses biologis yang menopang kehidupan.

Organ-organ tubuh manusia beserta fungsinya dibedakan menjadi organ dalam dan luar menurut letaknya.

Organ dalam tubuh manusia adalah jantung, ginjal, lambung dan usus. Saat ini organ luar tubuh manusia antara lain hidung, kulit, tangan, kaki, dan lain-lain.

BACA JUGA: Merinding atau Tertawa? Intip 6 Fakta Unik Bulu Telinga yang Jarang Diketahui!

Tubuh manusia terdiri dari sel-sel hidup dan ekstraseluler yang membentuk jaringan, organ, dan sistem.

Ilmu yang mempelajari struktur  tubuh manusia disebut  anatomi  manusia.  Tubuh manusia mempunyai banyak bagian dan fungsi yang berbeda-beda.

Seluruh bagian tubuh saling terhubung dan bekerja sama. Semua fungsi  tubuh membantu seseorang melakukan aktivitas sehari-hari.

1. Bagian Kepala

BACA JUGA:Mempelajari Bagian Tulang Pada Tubuh Manusia, Inilah 6 bagian dan Fungsinya

Kepala berisi organ yang disebut otak, yang merupakan organ eksekutif utama tubuh. Otak bertanggung jawab untuk mengendalikan emosi dan perilaku manusia.

Dan kepala berisi bagian-bagian tubuh manusia yang meliputi penglihatan, pengecapan, pendengaran dan penciuman. Penglihatan adalah teknik yang digunakan orang untuk melihat sesuatu. 

Sensasi ini terdapat di kepala, bahkan di mata. Selera manusia adalah mekanisme yang digunakan orang untuk memakan makanan dan bereaksi terhadap rasa.

Sensasi ini terdapat di kepala, bahkan di lidah. Jadi kepala mempunyai telinga atau kuping. Telinga merupakan organ pendengaran dan keseimbangan pada manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber