Mempelajari Bagian Tulang Pada Tubuh Manusia, Inilah 6 bagian dan Fungsinya

Mempelajari Bagian Tulang Pada Tubuh Manusia, Inilah 6 bagian dan Fungsinya

Mempelajari Bagian Tulang Pada Tubuh Manusia, Inilah 6 bagian dan Fungsinya--freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Tulang tengkorak berperan penting dalam melindungi otak dari benturan. Selain itu, berbagai jenis Tulang penyusun tengkorak juga memiliki fungsi lain, misalnya sebagai pembentuk kerangka mata. Oleh karena itu, penting untuk melindungi Tulang-Tulang tersebut.

Tengkorak adalah salah satu tulang terbesar di tubuh manusia.

Tengkorak  melindungi otak, yang merupakan organ penting di kepala dan mengirimkan perintah ke seluruh anggota tubuh dan organ tubuh. Namun tahukah Anda kalau tengkorak manusia mempunyai banyak tulang? 

Salah satu tulang yang berperan penting pada tengkorak adalah tulang di bagian belakang kepala. Selain tulang belakang ada juga yang menjadi bagian penting terhadap wajah juga seperti Langkah-langka dalam membuat struktur wajah seperti ini.

BACA JUGA:7 Bagian-Bagian Otak Manusia: Pusat Kesadaran dan Pengendali Tubuh

Meski tampilannya sederhana, tengkorak memiliki banyak bagian dan dapat dibagi menjadi dua kelompok: tengkorak dan tulang wajah. 

Sangat menarik bukan, mengenal lebih dalam struktur dari tulang tengkorak pada bagian kepala nah, berikut  penjelasan selengkapnya:

1. Tulang oksipital (belakang kepala) 

Tulang oksipital atau Tulang Kepala Belakang berbentuk datar berada di bagian  belakang  tengkorak. Tulang ini memiliki  lubang yang dilewati saraf tulang belakang untuk terhubung ke otak.

Fungsi lain dari tulang oksipital adalah melindungi bagian otak yang mengontrol penglihatan. Tulang-tulang ini juga berperan dalam mengontrol pergerakan dan keseimbangan tubuh.


Mempelajari Bagian Tulang Pada Tubuh Manusia, Inilah 6 bagian dan Fungsinya--freepik

Sejak lahir hingga dua tahun, tengkoraknya tetap lunak. Seiring bertambahnya usia, tulang di bagian belakang kepala menjadi semakin padat.

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Tetap Beroperasi Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Antara usia 18 dan 25 tahun, tulang di bagian belakang tengkorak bergabung dengan tulang pelipis, dan antara usia 26 dan 40 tahun, tulang di bagian belakang kepala bergabung dengan tulang tengkorak bagian atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: