Menu Makanan yang Harus Kamu Konsumsi Untuk Mengatasi Sembelit

Menu Makanan yang Harus Kamu Konsumsi Untuk Mengatasi Sembelit

Menu Makanan yang Harus Kamu Konsumsi Untuk Mengatasi Sembelit--Foto : Freepik.com/freepik

5. Oat

BACA JUGA:Waspadai Tanda-tanda Maag: 12 Sinyal Bahaya yang Tak Boleh Diabaikan

Oat kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Keempat makanan ini mampu meningkatkan bakteri menguntungkan di  usus dan memperlancar pergerakan lancar.

Jadi, jika Anda menderita sembelit, Anda bisa mencoba mengonsumsi oatmeal. Cara termudah untuk mengonsumsi oat adalah dengan mengolahnya menjadi tepung oat.

 

6. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung pektin. Ubi jalar juga mengandung serat seperti selulosa dan lignin, yang meningkatkan pergerakan usus dengan melunakkan tinja dan meningkatkan volumenya. Seperti halnya apel, ubi jalar juga mengandung pektin.

BACA JUGA:Strategi Ampuh Mengantisipasi Penyakit Maag: 3 Rahasia Merawat Lambung Anda dengan Bijak

Ubi jalar juga banyak mengandung  serat tidak larut berupa selulosa dan lignin. Kedua jenis serat ini dapat membantu  usus dengan meningkatkan jumlah tinja, sehingga membantu melancarkan buang air besar pada penderita sembelit.

 

7. Buah kiwi

Penelitian menunjukkan bahwa makan dua buah kiwi sehari selama dua minggu dapat meningkatkan pergerakan usus  dan memperlancar buang air besar. Hal ini berkat kandungan kiwi dan enzim aktinidin  yang efektif melunakkan tinja dan memperlancar buang air besar. 

Kiwi adalah sumber serat yang baik. Mengkonsumsi kiwi  secara rutin  dapat mencegah sembelit dan penyakit perut lainnya. Manfaat  buah kiwi lainnya adalah dapat  menjaga keseimbangan energi dengan menetralkan efek natrium. Kiwi juga kaya akan potasium.

BACA JUGA:Wajib Tahu! 10 Solusi Mengatasi Penyakit Jerawat Menyebar Luas


buah kiwi dapat memperlancar buang air besar --Foto : – unsplash.com/@ Lesly Juarez

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber