Menu Makanan yang Harus Kamu Konsumsi Untuk Mengatasi Sembelit

Menu Makanan yang Harus Kamu Konsumsi Untuk Mengatasi Sembelit

Menu Makanan yang Harus Kamu Konsumsi Untuk Mengatasi Sembelit--Foto : Freepik.com/freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dimungkinkan juga untuk mengonsumsi makanan campuran untuk menghilangkan keluhan sembelit atau konstipasi. Makanan ini mengandung serat, yang meningkatkan sistem pencernaan Anda dan meredakan sembelit.

Sembelit atau konstipasi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kekurangan alkohol, pola makan yang buruk, atau kekurangan energi. Namun nutrisi memegang peranan besar dalam hal ini.

Jika Anda merasa kesulitan untuk mengurangi sembelit tersebut, jangan terburu-buru meminum obat  untuk menghilangkannya. Faktanya adalah kebanyakan penderita konstipasi tidak memerlukan pengobatan. Sebagai obat alami, Anda bisa memperbanyak konsumsi serat, konsumsi makanan sehat.

Namun, jika  Anda menderita calambres, rutin mengonsumsi makanan anti inflamasi berikut dapat  membantu mengatasi lancarnya BAB.

BACA JUGA:Ketika Mencari Obat Sembelit Inilah 5 Obat Penyembuh Sembelit


Roti gandum utuh--Foto : unsplash.com/@ Wesual Click

 

1. Roti gandum utuh

Jika Anda menyukai roti, Gantilah roti tawar dengan roti gandum  yang memiliki lebih banyak serat untuk membantu proses pencernaan di usus besar.

Pastikan kemasan roti gandum  100% gandum utuh, Roti ini mengandung lebih banyak serat dan karbohidrat kompleks, yang meningkatkan pencernaan dan memperlancar buang air besar. Jika Anda membeli roti kemasan,  pilihlah roti yang bertuliskan 100% gandum utuh.

 

2. Kefir

BACA JUGA:Inilah 6 Dampak yang Ditimbulkan Sembelit

Minuman susu fermentasi  mirip yogurt ini diketahui mengandung karbohidrat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kefir  meningkatkan jumlah air dalam tinja dan memperlancar buang air besar saat buang air besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber