Menu Makanan yang Harus Kamu Konsumsi Untuk Mengatasi Sembelit

Menu Makanan yang Harus Kamu Konsumsi Untuk Mengatasi Sembelit

Menu Makanan yang Harus Kamu Konsumsi Untuk Mengatasi Sembelit--Foto : Freepik.com/freepik

Kandungan probiotik pada minuman ini juga membantu  mencegah berbagai gangguan kesehatan  seperti dengan sembelit. Jadi, jika Anda menderita gangguan kesehatan terkait dengan sembelit, tidak ada salahnya mengonsumsi susu kefir.

 

3. Chia seed

Biji chia atau Chia seed telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi sembelit. Dikenal tinggi serat, biji chia larut di kulit jika dicampur dengan air sehingga membuat tinja lebih mudah dan  mudah dikeluarkan.

BACA JUGA:9 Cara Jitu dan Cepat Mengatasi Buang Air Besar, Nomor 8 Alamiah Banget!

Menurut dokter, informasinya sebagai berikut: Dyah Novita Anggraini menjadi alasan biji-bijian ini  membantu mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar. Menurut Healthline,  28 gram biji chia mengandung 10,6 gram serat.

Artinya, mengonsumsi biji chia sebanyak itu akan memenuhi 42% kebutuhan serat harian Anda.Biji chia berubah menjadi  gel saat terkena air. Tekstur ini membantu pembentukan feses yang sempurna serta menjaganya tetap lembab dan mudah dikeluarkan.  

Selain itu, sebagian besar serat dalam biji chia adalah serat larut. Serat jenis ini disebut-sebut lebih baik dalam melancarkan pencernaan.

Faktanya, chia seed baik untuk semua kalangan dan usia. Namun, orang yang  alergi terhadap chia seed sebaiknya tidak mengonsumsi produk ini.

BACA JUGA:Prosedur Prolaps dan Wasir untuk Sembelit Obstruktif Saluran Keluar

 

4. Rumput laut

Rumput laut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah pengobatan jerawat. Ini karena alga membuat tinja lebih encer sehingga  lebih  mudah dikeluarkan.

Serat rumput laut  mencegah sembelit dan membantu sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik. Alga juga mengandung prebiotik yang baik untuk usus dan mengurangi risiko beberapa bakteri jahat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber