Honda Vario, Motor Matic Pertama Honda yang Terlupakan!

 Honda Vario, Motor Matic Pertama Honda yang Terlupakan!

Honda Vario, Motor Matic Pertama Keluaran Honda!--Foto instagram: @dayamotorpemangkat

BACA JUGA:Desa Unik Tenganan Bali: Tersembunyi dari Kemajuan dan Hiruk Pikuk Moderenisasi

Honda Vario Techno (2009)

Pada tahun 2009 PT AHM meluncurkan generasi terbarunya dengan nama Honda Vario Techno, pabrikan membuat tampilannya terlihat jauh lebih elegan.

Dimensinya sedikit lebih gambot dan desain semakin futuristik, terutama headlamp model terpisah yang garisnya lebih meruncing dan panjang ke atas.

Terdapat beberapa teknologi baru yang dibenamkan pada Honda Vario Techno. yaitu sistem pengereman Combi Brake System. Inilah awal mula generasi Honda Vario menggunakan teknologi penghenti laju yang disebut CBS.

BACA JUGA:OJK Ajukan Pemblokiran 85 Rekening Bank Terkait Pinjaman Online : Khusus Aktvitas Ilegal

Maksud dari penyematan CBS ini untuk memaksimalkan pengereman. Sistem ini bekerja dengan memadukan rem depan dan belakang yang beraksi secara bersamaan.

Honda Vario PGM-FI (2013)

Pada generasi ini PT AHM menaikkan kelas dan mengubah segmentasi Honda Vario. Perubahan mulai dari desain yang semakin gambot agar muat untuk helm.

Bukan hanya perubahan bentuknya, sektor jantung pacu juga ditingkatkan. Tanpa menghilangkan varian 110 cc, Honda melengkapi motor matic ini dengan pilihan mesin lebih besar 125 cc.

BACA JUGA:12 Rekomendasi Hadiah Simpel untuk Ibunda Tercinta di Hari Ibu yang Istimewa

Sistem suplai bensin juga diperbarui menjadi injeksi (PGM-FI). Kapasitas tangki yang sebelumnya 3,6 liter juga diperbesar menjadi 5,5 liter.

Honda Vario 110 eSP (2015)

Dengan berakhirnya era karburator, memaksa Honda untuk meng-upgrade Honda Vario 110 cc. Di lain sisi, kehadiran versi 125 yang punya dimensi besar, membuat konsumen ingin Honda Vario dengan bentuk lebih kompak.

Sayangnya mesin yang semula radiator, pada model ini justru downgrade menjadi berpendingin udara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber