Kusta: Memahami, Mencegah dan Mengatasi Penyakit Menular Kronis

Kusta: Memahami, Mencegah dan Mengatasi Penyakit Menular Kronis

Ilustrasi penderita penyakit menular kronis kusta.--freepik.com/@freepik

Pemeriksaan

BACA JUGA:Rematik: Ancaman Serius yang Harus Diwaspadai Seumur Hidup

Dokter akan melakukan pemeriksaan bakterioskopik, histopatologis dan serologis untuk memastikan gangguan pada kulit dan saraf disebabkan oleh kusta.

Hal ini melibatkan pengambilan sampel jaringan kulit, pemeriksaan di bawah mikroskop dan evaluasi perubahan jaringan akibat infeksi.

Penanganan

Pendekatan utama dalam mengobati kusta adalah dengan menggunakan antibiotik. Penderita akan mendapatkan kombinasi antibiotik selama 1-2 tahun, disesuaikan dengan jenis kusta yang diderita.

BACA JUGA:Bukan Buah Bit dan Delima! Ini Buah dan Makanan Yang Kandungan Zat Besinya Tinggi


Diagnosis dini dan pengobatan yang tepat tetap menjadi langkah terbaik untuk mencegah komplikasi dan penularan penyakit kusta.--freepik.com/@freepik

Di Indonesia, pengobatan kusta umumnya menggunakan metode Multidrug Therapy (MDT), yang mengombinasikan dua antibiotik atau lebih.

Setelah terapi antibiotik, operasi dapat dilakukan untuk memulihkan fungsi saraf yang rusak, memperbaiki bentuk tubuh yang cacat, dan mengembalikan fungsi anggota tubuh.

Komplikasi

Kusta yang tidak diobati dengan tepat dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk mati rasa, glaukoma, kebutaan, gagal ginjal, deformitas wajah permanen, kerusakan pada hidung, kemandulan pada pria, kelemahan otot, kerusakan saraf permanen di luar otak dan tulang belakang, cacat permanen, dan risiko diskriminasi yang memengaruhi kondisi psikologis penderita.

BACA JUGA:Lonjakan Kasus HIV/AIDS di Sumsel Memprihatinkan, Palembang Menjadi Episentrum dengan Kasus Terbanyak!


Kusta diakibatkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium Leprae dan dapat menular melalui percikan droplet dari pasien kusta dalam waktu yang lama.--freepik.com/@pch-vector

Pencegahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber