Hati – Hati Ada Beberapa Penyakit Menular! Nomor 6 Sedang Meningkat.

Hati – Hati Ada Beberapa Penyakit Menular! Nomor 6 Sedang Meningkat.

Hati – Hati Ada Beberapa Penyakit Menular! Nomor 6 Sedang Meningkat.--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Saat ini banyak sekali berbagai penyakit menular yang perlu diwaspadai. Penyakit seperti ini biasanya banyak disebabkan oleh infeksi mikroorganisme yaitu virus, jamur, bakteri dan parasit.

Penyakit menular dapat menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain melalui berbagai cara, seperti kontak fisik langsung dengan penderita, melalui udara ketika penderita batuk atau bersin, atau secara tidak langsung melalui benda yang sudah terkontaminasi.

Agar lebih waspada, mari kita pelajari beberapa penyakit yang mudah menular berikut ini:

Jenis-Jenis Penyakit Menular

1. Influenza (Flu)

Influenza atau biasa disebut dengan flu merupakan penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza. Gejalanya meliputi bersin-bersin, hidung tersumbat, sakit kepala, dan nyeri otot. Penyakit ini sangat mudah menular melalui percikan liur ketika penderita batuk atau bersin. Kamu dapat tertular hanya dengan berada dekat dengan seseorang yang terinfeksi.

BACA JUGA:Penurunan Transaksi di Mesin ATM: Apakah Ini Pertanda Perubahan?

2. Pilek

Pilek disebabkan oleh berbagai virus, dengan rhinovirus sebagai penyebab paling umum. Gejalanya mirip dengan flu, termasuk bersin, hidung tersumbat, batuk, suara serak, nyeri tubuh, sakit kepala, dan demam.

Penyakit ini dapat menular melalui permukaan yang terkontaminasi virus atau udara ketika penderita bersin atau batuk.

3. Tuberkulosis (TB)

Tuberkulosis adalah penyakit yang menyerang paru-paru akibat infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Gejala khasnya adalah batuk berdahak yang berlangsung lebih dari dua minggu, hilangnya nafsu makan, penurunan berat badan, dan kelelahan.

Penyakit ini akurat menular melalui udara dimana ketika seorang penderitanya sedang batuk atau bersin. Orang yang tinggal di lingkungan padat dengan sanitasi buruk paling rentan terhadap penyakit ini.

BACA JUGA:Terungkap! Penembak Donald Trump Diidentifikasi sebagai Thomas Matthew Crooks: Anggota Partai Republik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc.com