Ini Golongan Manusia yang Ditakuti Setan dan Iblis, Seperti Apakah Mereka? Ini Penjelasanya !

Ini Golongan Manusia yang Ditakuti Setan dan Iblis, Seperti Apakah Mereka? Ini Penjelasanya !

Ini Golongan Manusia yang Ditakuti Setan dan Iblis--Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Setan dan Iblis adalah musuh manusia. Ia akan terus menggoda manusia hingga hari akhir kiamat. Permusuhan ini sudah terjadi sejak awal mula penciptaan manusia pertama yaitu Nabi Adam as.

Dalam Al Quran dijelaskan bahwa, Setan dan Iblis bersumpah untuk mengganggu anak cucu Adam hingga akhir zaman, dan bersamaan dengan itu, setan dan iblis berjanji untuk menjatuhkan manusia bersamanya kedalam neraka.

Awalnya, setan menyembah Allah SWT dan tinggal di surga bersama malaikat. Namun, ia durhaka dengan menolak perintah Allah untuk bersujud kepada Nabi Adam AS.

Allah SWT mengingatkan dalam Al-Qur'an bahwa setan adalah musuh bagi manusia. Sebagaimana dalam Firman-Nya dalam surah Fathir ayat 6, yang artinya:

BACA JUGA:Beberapa Hewan Ini Boleh Dibunuh Bahkan Disunahkan dalam Islam, Ternyata ini Alasannya

"Sesungguhnya setan itu musuh bagimu. Maka, perlakukanlah ia sebagai musuh! Sesungguhnya setan itu hanya mengajak golongannya agar mereka menjadi penghuni (neraka) Sa'ir (yang menyala-nyala)."

Meskipun setan dan iblis menjadi musuh manusia hingga hari kiamat, ada golongan-golongan manusia yang ditakuti oleh mereka. Dikutip dari berbagai sumber, berikut golongan manusia yang ditakuti setan dan iblis :

1. Golongan Manusia yang Takut pada Allah SWT

Golongan manusia yang ditakuti setan dan iblis yaitu orang yang takut pada Allah SWT, senantiasa beriman, dan bertaqwa. Sebagaimana dalam Firman Allah, surah Ali Imran ayat 175, yang artinya:

BACA JUGA:Kisah Bukit Shafa dan Marwah Hingga Munculnya Air Zamzam

"Sesungguhnya mereka hanyalah setan yang menakut-nakuti (kamu) dengan teman-teman setianya. Oleh sebab itu, janganlah takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu orang-orang mukmin."

Dalam firman allah tersebut, menegaskan bahwa setan hanyalah menggertak, dan manusia yang takut pada Allah tidak perlu takut pada setan.

Dalam sebuah hadits lain juga dikatakan," Barangsiapa takut kepada Allah, niscaya Allah akan menjadikan segala sesuatu takut kepadanya. Barang siapa yang tidak takut kepada Allah, Allah menjadikannya takut kepada segala sesuatu." (HR Baihaqi)

Dikutip dari laman kemenag,go.id, menurut Imam Al-Ghazali untuk menjaga dan menyelamatkan diri dari segala tipu daya serta godaan setan, seorang mukmin harus menutup semua jalan masuk atau aksesnya, sehingga setan tak dapat mendekat dan menguasai kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber