Ingat! 5 Makanan Ini Berbahaya Jika Dikonsumsi di Malam Hari

Ingat! 5 Makanan Ini Berbahaya Jika Dikonsumsi di Malam Hari

5 Makanan yang berbahaya jika dikonsumsi pada malam hari.--freepik.com/@wayhomestudio

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Banyak orang sering mengalami perasaan lapar di malam hari dan memutuskan untuk makan sebelum tidur.

Padahal, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat berdampak buruk jika dikonsumsi di malam hari.

Merasa lapar sebelum tidur adalah pengalaman yang umum, dan beberapa orang bahkan merasa perlu makan malam agar bisa tidur dengan nyenyak.

Mengonsumsi makanan sebelum tidur adalah hal yang wajar, mengutip dari Mind Body Green sebagaimana dijelaskan oleh ahli diet Julie Stefanskie, yang mengatakan bahwa tidur dengan perut kosong bisa mengaktifkan hormon kortisol atau hormon stres.

BACA JUGA:Penting Dilakukan! Cegah Stroke di Usia Muda, Mulailah Dari Sekarang

Namun, ada juga makanan tertentu yang sebaiknya dihindari jika Anda ingin tidur dengan nyaman, karena dapat mengganggu kualitas tidur dan bahkan berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan.

Makanan berbahaya jika dikonsumsi di malam hari antara lain:

1. Makanan Pedas

Makanan pedas bisa mengganggu pencernaan di tengah malam bahkan saat Anda tertidur. Selain itu, makanan pedas mengandung capsaicin dalam jumlah tinggi, suatu fitokimia yang dapat meningkatkan metabolisme dan termogenesis (pembakaran kalori untuk panas), yang juga dapat mengganggu tidur sebagian orang.

BACA JUGA:Risiko Lebih Tinggi! Bahaya Karies Gigi Setelah Operasi Penurunan Berat Badan

Psikiater nutrisi Uma Naidoo pernah menjelaskan bahwa mengonsumsi 2,5 miligram capsaicin setiap kali makan (7,68 mg per hari) dapat mengembalikan keseimbangan energi dalam tubuh.

2. Alkohol

Meminum alkohol di malam hari tepat sebelum tidur dapat memberikan efek sebaliknya jika Anda ingin mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Anda mungkin tertidur lebih cepat karena minum alkohol atau merasa lebih lelah, tetapi perubahan kadar alkohol dalam darah sepanjang malam dapat menyebabkan gangguan tidur. Penggunaan alkohol dalam jumlah besar bahkan sangat terkait dengan insomnia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: mindbodygreen.com