Risiko Lebih Tinggi! Bahaya Karies Gigi Setelah Operasi Penurunan Berat Badan

Risiko Lebih Tinggi! Bahaya Karies Gigi Setelah Operasi Penurunan Berat Badan

Risiko Lebih Tinggi! Bahaya Karies Gigi Setelah Operasi Penurunan Berat Badan--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Penelitian terbaru yang dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Gothenburg di Swedia telah mengungkapkan risiko karies gigi yang lebih tinggi setelah menjalani operasi penurunan berat badan.

Temuan ini juga menggarisbawahi penurunan kesehatan mulut secara umum pada individu yang menjalani prosedur tersebut.

Dalam penelitian ini, sebanyak 118 orang yang mengalami obesitas menjadi subjek penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa semakin tinggi indeks massa tubuh (BMI).

Semakin tinggi pula risiko terkena karies gigi, bahkan risiko tersebut meningkat dua kali lipat pada individu dengan BMI tertinggi, disertai dengan kurangnya perawatan gigi yang teratur, pada hari Sabtu (4/11/2023).

BACA JUGA:Proyek Ambisius China Mengembangkan Robot Humanoid Canggih, Tahun 2025 Siap Di Rilis

Dua tahun setelah menjalani operasi penurunan berat badan atau perawatan medis, terlihat perbedaan signifikan di antara kedua kelompok tersebut.

Mereka yang menjalani operasi mengalami peningkatan jumlah lesi karies pada permukaan email gigi, dari rata-rata 15,0 menjadi 19,1. Sementara kelompok yang menerima perawatan medis mengalami penurunan jumlah lesi email.

Penelitian ini juga mengungkapkan adanya lesi karies yang lebih dalam pada dentin. Rata- rata jumlah lesi sebelum perawatan adalah 4,3, namun dua tahun setelah pengobatan, individu dalam kelompok operasi memiliki rata-rata 6,4 lesi, sementara kelompok perawatan medis memiliki 4,9 lesi.

Efek dari peningkatan risiko karies gigi ini dapat berupa gigi yang menjadi hipersensitif dan kesulitan saat mengunyah, yang pada akhirnya dapat menciptakan ketidaknyamanan dalam situasi sosial.

BACA JUGA:Waspada Penyakit ‘Ain! Begini Cara Mengatasi dan Mencegahnya Menurut Syariat Islam

Negin Taghat, seorang mahasiswa doktoral di Institut Odontologi di Akademi Sahlgrenska Universitas Gothenburg di Swedia, mengingatkan, “Kami melihat bahwa hampir setengah dari individu mengalami penurunan kesehatan mulut setelah menjalani perawatan bedah obesitas.”

Penelitian ini menyoroti pentingnya perhatian lebih dari para profesional kesehatan dan dokter gigi terhadap kesehatan mulut pasien yang menjalani pengobatan obesitas.

Tindakan pencegahan dan perawatan khusus mungkin perlu direncanakan untuk mengatasi risiko karies gigi yang lebih tinggi setelah operasi penurunan berat badan*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber