Kondisi Kabut Asap di Muara Enim Mengkhawatirkan, Jam Masuk Sekolah Diundur

Kondisi Kabut Asap di Muara Enim Mengkhawatirkan, Jam Masuk Sekolah Diundur

Kabut asap sudah cukup tebal di langit kawasan Muara Enim, Pemerintah telah memberikan Surat Edaran agar sekolah masuk lebih siang dari biasanya, Senin (23/10/2023).-Yansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Intensitas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Kabupaten MUARA ENIM semakin banyak menimbulkan kabut asap di langit Bumi Serasan Sekundang. Akibatnya, kabut asap mulai terasa dan cenderung mengkhawatirkan bagi kesehatan masyarakat.

Dinas Pendidikan Kabupaten Muara Enim melalui Surat Edaran Pj Bupati Muara Enim memberlakukan jam masuk sekolah lebih siang dari biasanya.

Surat Edaran ini sudah disampaikan kepada pihak sekolah pada Jumat, 20 Oktober 2023 malam. Sebagian sekolah telah memberlakukan sejak esok harinya, karena hari Sabtu masih menjalankan kegiatan belajar mengajar. Sedangkan sisanya diterapkan pada hari Senin, 23 Oktober 2023 kemarin.

Kepala Dinas Pendidikan Muara Enim Rusdi Kairullah membenarkan kalau jam masuk sekolah dan kerja saat ini dimundurkan menjadi lebih siang.

BACA JUGA:Massa Tuntut Tindakan Tegas Terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan di Konsesi PTIAM di Kabupaten Musi Banyuasin

Keputusan ini berdasarkan rapat bersama Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan, barulah Pj Bupati Muara Enim memberikan Surat Edaran.

Anak sekolah mulai dari TK, SD dan SMP diberlakukan jam masuk sekolah pada pukul 08:30 WIB, yang biasanya pukul 07:15 WIB sudah masuk sekolah.

"Ada beberapa sekolah sudah menerapkan hari Sabtu, tetapi sebagian lagi pada hari Senin karena di hari Sabtu tidak ada kegiatan belajar mengajar," jelas Kadisdik Muara Enim Rusdi Kairullah.

Dimajukannya waktu kegiatan belajar mengajar agar siswa siswi tidak terganggu dengan adanya kabut asap.

BACA JUGA:Dr Zulkhair Ali: Kota Palembang Masih Kurang Dokter Spesialis dan Subspesialis


Seorang murid SD Negeri 3 Muara Enim mulai masuk sekolah pukul 08:30 WIB karena kabut asap yang mulai tebal, Senin (23/10/2023).-Yansyah-PALTV

"Kita mengkhawatirkan anak-anak saat mengikuti pelajaran terganggu karena kabut asap yang sudah terasa saat ini," ujarnya.

Karena kabut asap yang sangat terasa ditakutkan akan berdampak pada kesehatan anak-anak saat berada di sekolah, apa lagi jika mereka berada di luar ruangan.

Kabut asap saat ini cukup mengganggu karena mata akan perih jika berkendara dengan sepeda motor. Selain itu, ditakutkan akan berefek pada penyebab penyakit lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv