5 Variasi Rempeyek Khas Nusantara yang Menggugah Selera

5 Variasi Rempeyek Khas Nusantara yang Menggugah Selera

5 Variasi Rempeyek Khas Nusantara yang Menggugah Selera--Gambar: Instagram.com/ rempeyekmasbayu

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Rempeyek, camilan gurih dan renyah yang mirip dengan keripik atau kerupuk, telah menjadi salah satu favorit di seluruh Indonesia.

Kelezatan rempeyek tak hanya terletak pada rasa gurihnya, tetapi juga pada kemampuannya menjadi pendamping makanan pedas yang ideal, menetralkan sensasi pedas yang menggigit.

Camilan ini terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental yang kemudian diberi bumbu dan bahan pengisi khas seperti biji kacang tanah, kedelai, udang, bahkan bayam.

Rempeyek adalah camilan serupa keripik atau kerupuk yang memiliki cita rasa gurih dan renyah. Camilan ini tidak hanya digemari karena kelezatannya, tetapi juga sering dijadikan pendamping makanan pedas untuk menetralisir rasa pedasnya.

BACA JUGA:Sensasi Lezatnya Soto Daging Bening dan Tongseng dengan Bumbu Mawar Merah Ala Chef Ariya

Rempeyek terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental. Kemudian, adonan ini diberi bumbu dan bahan pengisi khas, seperti biji kacang tanah, kedelai, udang, atau bahkan bayam. Camilan ini sangat populer di seluruh Indonesia dan menjadi salah satu favorit bagi banyak orang.

Asal-usul rempeyek bisa ditelusuri kembali hingga abad ke-16. Dalam salah satu sumber yang ditulis oleh De Graaf dalam tulisannya yang berjudul "Mataram Islam," disebutkan bahwa rempeyek sudah ditemukan di Yogyakarta pada saat itu.

Cerita bermula dari perjalanan Ki Ageng Pamanahan bersama rombongannya untuk melakukan Bedhol Desa yang diperintahkan oleh Sultan Hadiwidjaya. Selama perjalanan tersebut, mereka beristirahat di pinggir Sungai Opak, di mana mereka disuguhkan dengan makanan, termasuk nasi putih, sayur pecel, dan, tentu saja rempeyek.

Rempeyek menjadi camilan yang paling mudah dibuat dan menambahkan cita rasa gurih pada hidangan sederhana seperti nasi dan sayur pecel. Sejak saat itu, rempeyek menjadi semakin dikenal dan dicintai oleh banyak orang.

BACA JUGA:Penyuka Pedas! Ini Bakso Mercon, Bakso Saos Pedas Jadi Uji Nyali Yang Digemari Anak Muda Zaman Sekarang

Kata "rempeyek" sendiri berasal dari kata "rempah-rempah". Rempah-rempah tersebut merujuk pada bumbu-bumbu yang digunakan dalam adonan, sementara "jiyek" berarti "gepeng dan lebar." 

 

Berikut adalah lima variasi rempeyek waib kalian coba:

1. Rempeyek Kacang Tanah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sumber : https://kampungkaleng.com