Mental Health! 'Hari Kesehatan Mental Sedunia”, Sudahkah Mental Anda Sehat ?

Mental Health! 'Hari Kesehatan Mental Sedunia”, Sudahkah Mental Anda Sehat ?

Hari Kesehatan Mental Sedunia ---Foto : [email protected]

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia. Hari Besar Internasional ini sebagai bentuk ruang untuk meningkatkan keperduliaan dan kewaspadaan masyarat akan kesehatan jiwa dan lebih memantik dalam gerakahan kesehatan jiwa tersebut.

Tentu hal ini diperingati karena mempunyai suatu alasan dan tujuan. Dikutip dari laman resmi nya Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ), Hari Kesehatan Mental Sedunia yang selalu diperingati setiap tanggal 10 Oktober tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta upaya terhadap masalah kesehatan mental yang ada di seluruh dunia.

Hari Kesehatan Mental Sedunia sendiri sudah ada sejak dari tahun 1992, berawal dari inisiasi Federasi Kesehatan Mental Dunia. Namun perayaan nya baru dilakukan pada tahun 1994.

Sebuah tema yang diangkat pada perayaan ini selalu berbeda tiap tahun nya. Dalam memperingati Hati Kesehatan Mental Sedunia tahun 2023 kali ini adalah ‘Our Minds, Our Rights’ yang artinya ‘Pikiran Kami, Hak Kami’.

BACA JUGA:Serangan Hamas ke Israel Ancam Pasokan Minyak, Harga Minyak Terus Merangkak Naik

Mensosialisasikan tentang kesehatan mental secara keseluruhan telah dilakukan oleh WFMH melalui siran televisi yang saat itu berlangsung selama dua jam di seluruh dunia pada saat 3 tahun pertama persemiaanya.

Siaran tersebut sangat bersifat kemanusiaan guna memberikan penjelasan terhadap betapa pentingnya untuk mejaga kesehatan mental manusia.

Banyak nya masalah kesehatan jiwa yang muncul dan dialami oleh berbagai negara membuat Mental Health menjadi salah satu perhatian khusus untuk Organisasi Kesehatan Dunia.

Hal ini terjadi sering kali karena banyak nya tekanan dari orang sekitar atas perbuatan dan pencapaian yang telah kita jalani. Dan rasa ketidakpercayaan terhadap diri sendiri.

BACA JUGA:Serangan Hamas ke Israel Ancam Pasokan Minyak, Harga Minyak Terus Merangkak Naik

Maka dari itu, tak mudah untuk mejaga mental healht pada diri seseorang. Dukungan dari orang terdekat seperti orang tua, kelurga, saudara,bahkan dari teman sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga kesehatan jiwa dalam menjalani hidup sehari – hari. 

Untuk semua orang yang masih bertahan untuk menjalani hari – hari yang mungkin melelahkan. Tenang, semuanya akan baik – baik saja, kalian dapat menghadapi apapun dalam hidup. Kalian memiliki kekuatan dalam diri sendiri untuk mengatasi rintangan, kehilangan, dan situasi apapun. 

Kalian tidak sendiri, kalian dicintai, kamu berhak untuk merasa baik dan buruk. Kamu berhak untuk merasa diberkati oleh getaran positif ini dan jalani hidup sepenuhnya dengan penuh rasa bahagia. Tinggalkan yang membuatmu sedih dan nikmati kehidupan yang telah kalian capai. Hiduplah dengan semangat dan mental yang sehat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber