Tanggap Bencana Kebakaran, Pegawai Puskesmas Muara Enim Ikuti Simulasi Penanggulangan Kebakaran

Tanggap Bencana Kebakaran, Pegawai Puskesmas Muara Enim Ikuti Simulasi Penanggulangan Kebakaran

Kepala Puskesmas Kota Muara Enim Risan Jaya melakuan pemadaman api menggunakan APAR dalam kegiatan simulasi penanggulangan kebakaran, Jum’at (25/8/2023).-Yansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Tanggap cegah bencana kebakaran, Puskesmas Kota MUARA ENIM bersama Dinas Pemadaman Kebakaran Kabupaten MUARA ENIM, melakukan simulasi kebakaran di halaman belakang gedung Puskesmas pada Jum’at, 25 Agustus 2023. simulasi ini diikuti oleh tenaga kesehatan dan staf yang ada di Puskesmas MUARA ENIM.

Simulasi meliputi cara memadamkan api yang berasal dari kompor gas saat memasak dan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Gedung Puskesmas Muara Enim jika terjadi sumber api.

Tenaga Kesehatan dan Staf Puskesmas sebagian besar wanita ini harus bisa melakukan pencegahan saat terjadi bencana awal kebakaran di tempat mereka bekerja, bahkan di saat mereka berada di rumah.

Pasalnya, ketidak tahuan dalam menangani sumber api akan menyebabkan kebakaran besar terutama saat terjadi kepanikan.

BACA JUGA:Inovasi Teknologi Tepat Guna Warga Muara Enim Tunjang Peningkatan Ekonomi Masyarakat

BACA JUGA:2 Pengurus Jadi Tersangka Korupsi, Ketua Umum KONI Sumsel Menghilang dan Terkesan Enggan Komentar

Hal ini disampaikan oleh Kepala Puskesmas Kota Muara Enim Risan Jaya SKM usai simulasi berlangsung. Menurut Risan, pengetahuan akan bahaya kebakaran dan cara mencegahnya sangat penting bagi setiap pegawai baik itu wanita maupun pria.

"Kita bekerja sama dengan Damkar untuk melakukan simulasi penanganan atau pencegahan awal dari kebakaran. Para Tenaga Medis dan Staf Puskesmas harus tanggap dalam menghadapi musibah kebakaran. Karena, di Puskesmas akan banyak pasien ini termasuk tugas mereka untuk melakukan evakuasi,” terang  Risan Jaya.

Bukan hanya mampu melakukan evakuasi terhadap pasien saja, tapi mereka juga bisa melakukan tindakan awal saat tejadi kebakaran dengan menggunakan APAR yang tersedia di setiap bagian ruang Puskesmas.

"APAR yang tersedia di Gedung Puskesmas harus mereka ketahui apa fungsinya, bagaimana menggunakannya, dan kapan harus digunakan," kata Risan.

BACA JUGA:Mr X Ditemukan Mengapung di Aliran Dam Kolam Retensi Jalan Pipa Reja 8 Ilir Palembang

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Gigi Agar Terhindar dari Masalah Karang Gigi


Seorang Nakes Puskesmas Muara Enim mempraktekkan cara penggunaan APAR untuk mencegah kebakaran saat ada sumber api, Jum’at (25/8/2023).-Yansyah-PALTV

Dengan materi dan praktek pencegahan kebakaran, para pegawai Puskesmas Muara Enim bisa menerapkan apa yang mereka dapat dari rekan-rekan Damkar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv