Hujan dan ‘Angin Puyuh’ Menerbangkan Atap Kantor Desa Batu Surau

Hujan dan ‘Angin Puyuh’ Menerbangkan Atap Kantor Desa Batu Surau

ATAP ROBOH - Akibat diterjang angin puyuh, atap Kantor Desa Batu Surau dan ruang kelas SD Negeri 6 mengalami kerusakan parah.-Yansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Akibat hujan dan angin kencang menerpa kawasan Desa Batu Surau, Kecamatan Semendo Darat Tengah (SDT), Kabupaten MUARA ENIM, atap Kantor Desa Rusak parah terbang dibawa angin. Peristiwa ini terjadi kemarin sore, Rabu 8 Februari 2023 sekitar pukul 16.00 WIB.

Selain atap Kantor Desa, angin juga merusak sebagian atap SD Negeri 6 Batu Surau. Kejadian ini juga sempat membuat panik warga sekitar lantaran hujan disertai angin puyuh alias puting beliung tiba-tiba menerpa kawasan tersebut.

Dalam beberapa minggu terakhir di kawasan SDT sering hujan deras disertai angin kencang. Kondisi ini diduga karena pengaruh cuaca ekstrem. Ditambah lagi kawasan Semendo Raya merupakan dataran tinggi di Kabupaten Muara Enim, sehingga membuat terpaan angin cukup sangat terasa. Puncaknya kemarin Rabu hingga membuat kerusakan atap Kantor Desa dan ruang kelas SD Negeri 6 Batu Surau.

Dari keterangan Kepala Desa Batu Surau Riduan, kejadian tersebut sekitar pukul 16.00 WIB Rabu sore kemarin. Tiba-tiba angin kencang disertai hujan langsung menerpa Desa, sehingga menerbangkan seluruh atap dari bangunan Kantor Desa yang terbuat dari rangka baja ringan. Meski hujan yang mengguyur tidak terlalu deras, tetapi angin kencang terus menggoyangkan seluruh pohon dan dan sejumlah pondok yang ada di perkebunan warga. Terpaan angin puyuh yang hanya sekitar lima belas menit ini mampu menerbangkan atap Kantor Desa dan sebagian atap SD Negeri 6 Batu Surau.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Legenda Batu Belah Batu Betangkup

BACA JUGA:Buntut Kebakaran di Bayung Lencir, Polisi Bongkar dan Ratakan Eks Penyulingan Minyak Ilegal Yang Tersisa

"Karena datangnya tiba-tiba kejadian ini sempat membuat panik warga, apalagi angin kencang itu bisa menerbangkan atap Kantor Desa secara keseluruhan, sehingga Kantor Desa sekarang tanpa atap," ujar Riduan.

Kejadian berlangsung cukup cepat. Usai angin dan hujan reda, warga bergotong royong melakukan evakuasi Kantor Desa dan ruang kelas sekolah, guna menyelamatkan barang-barang dan dokumen-dokumen penting ke tempat yang lebih aman. Barang-barang, alat kerja dan dokumen penting milik warga berhasil diamankan. Untuk sementara ini, Kantor Desa dan dua ruangan kelas tak dapat digunakan. Meski begitu, Perangkat dan Petugas Desa sementara ini tetap melakukan pelayanan kepada masyarakat di bawah rumah Kades.

"Petugas dan Perangkat Desa tetap melayani masyarakat untuk mengurus dokumen pribadi mereka. Sementara ini pelayanan dilakukan di bawah rumah saya," ungkap Riduan.


ATAP ROBOH - Angin puyuh juga merubuhkan atap ruang kelas SD Negeri 6 Batu Surau.-Yansyah-PALTV

Kondisi Kantor Desa dan ruang kelas yang tak memiliki atap akan butuh dana besar untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan, sedangkan sekarang ini Desa Batu Surau tak memiki dana kas untuk perbaikan. Oleh karena itu, Kepala Desa meminta kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan pihak lainnya supaya bisa memberikan bantuan, agar bisa segera memperbaiki atap Kantor Desa dan sekolah lebih cepat, sehingga pelayanan masyarakat bisa optimal dan anak sekolah bisa melakukan kegiatan belajar mengajar seperti biasa.

BACA JUGA:Dwitri: Wanita Harus Bangga Jadi Wartawati

BACA JUGA:4 Rekomendasi Hadiah untuk Orang Tersayang di Hari Kasih Sayang

"Kami Pemerintah Desa Batu Surau memohon bantuan kepada Pemerintah Kabupaten dan pihak lain supaya bisa meringankan masalah ini,” pungkas Riduan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv