Ingin Menabung di BPR, Bank Yang Menyasar Masyarakat Sampai Pedesaan ? Begini Keuntungan dan Risikonya

Ingin Menabung di BPR, Bank Yang Menyasar Masyarakat Sampai Pedesaan ? Begini Keuntungan dan Risikonya

Ingin Menabung di BPR, Bank Yang Menyasar Masyarakat Sampai Pedesaan ? Begini Keuntungan dan Risikonya--free pik.com

BACA JUGA:Hore! Bansos PKH 2023 Cair Lagi Oktober! Siswa Sekolah Dapat BLT hingga Rp500 Ribu, Pastikan Namamu

• Saldo Minimum dan Setoran Awal yang Rendah: Persyaratan saldo minimum dan setoran awal di BPR relatif kecil, memungkinkan nasabah dengan berbagai tingkat pendapatan untuk membuka rekening.

• Kemudahan Setoran Uang Receh: Nasabah dapat melakukan setoran dengan uang pecahan kecil atau receh, yang memudahkan pengelolaan tabungan.

• Tabungan sebagai Agunan Kredit: Tabungan di BPR dapat digunakan sebagai agunan dalam pengajuan kredit, membantu nasabah mendapatkan akses lebih mudah ke pembiayaan.

• Layanan Jemput Bola: Petugas BPR dapat menjemput bola dengan menghadirkan layanan ke rumah nasabah, mengurangi kebutuhan untuk datang ke kantor BPR.

BACA JUGA:Mencekam! Begini Kronologi Kota Cinta Paris Yang Sekarang Penduduknya Hidup DI Lingkungan Banyak Tikus

• Tabungan Berkelompok: BPR dapat melayani tabungan berkelompok sebagai bagian dari skema pembiayaan.

• Perlindungan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS): Tabungan di BPR dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku.

Namun, bagi nasabah yang menyimpan dana di Bank Perkreditan Rakyat (BPR), penting untuk memahami potensi risiko yang dapat terjadi. Ada beberapa resiko yang perlu diwaspadai saat menabung di BPR:

• Adanya Risiko Kehilangan Dana: BPR Sendiri dijamin oleh LPS pada batas tertentu, namun risiko kehilangan dana masih mungkin terjadi.

BACA JUGA:Coba Sekarang Fitur Minta DANA? Nikmati Pinjaman Saldo Rp500.000 Tanpa KTP, Langsung Cair ke Dompet Digital An

Nasabah harus memastikan saldo tabungan mereka tidak melebihi batas yang dijamin oleh LPS untuk mendapatkan perlindungan penuh.

• Risiko Likuiditas: Penarikan dana atau transaksi yang besar pada BPR tidak secepat bank besar lainnya. Hal ini dapat menjadi masalah jika nasabah membutuhkan dana secara mendesak.

• Risiko Suku Bunga: Seperti semua jenis tabungan, suku bunga yang ditawarkan oleh BPR dapat berfluktuasi. Nasabah perlu siap menghadapi penurunan suku bunga yang dapat memengaruhi pendapatan dari tabungan mereka.

• Risiko Kesulitan Akses: Nasabah sering kesulitan menghubungi kantor BPR, Karena BPR hanya berada di daerah tertentu. Hal ini mungkin memerlukan perjalanan jauh atau mengandalkan layanan perbankan online atau mobile banking.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber