Ingin Menabung di BPR, Bank Yang Menyasar Masyarakat Sampai Pedesaan ? Begini Keuntungan dan Risikonya

Ingin Menabung di BPR, Bank Yang Menyasar Masyarakat Sampai Pedesaan ? Begini Keuntungan dan Risikonya

Ingin Menabung di BPR, Bank Yang Menyasar Masyarakat Sampai Pedesaan ? Begini Keuntungan dan Risikonya--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Indonesia sering menjadi pilihan masyarakat untuk menabung dana mereka. Terutama menyasar masyarakat sampai pedesaan.

Sebagai institusi yang didukung oleh pemerintah, BPR memiliki sejumlah keunggulan menarik bagi nasabah, terutama dalam hal persyaratan yang lebih mudah dan jaminan yang lebih baik dibandingkan dengan bank konvensional.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari BPR adalah fleksibilitas yang tinggi dan suku bunga tabungan yang kompetitif, yang dapat mencapai 2,5 persen lebih tinggi dibandingkan dengan suku bunga yang ditawarkan oleh bank-bank komersial.

Selain itu, BPR juga menyediakan layanan yang setara dengan bank komersial dan tunduk pada pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI).

BACA JUGA:Tetap Tenang! Inilah Cara Paling Ampuh Menghadapi dan Usir DC Pinjol yang Datang ke Rumah

Namun, terdapat perbedaan signifikan dalam hal layanan, di mana BPR saat ini belum dapat menawarkan produk giro dan valuta asing.

Fungsi Utama BPR bertujuan untuk memberikan akses kepada masyarakat yang tinggal di pedesaan atau wilayah kecil ke layanan keuangan, seperti pinjaman, tabungan, dan layanan pembayaran.

BPR biasanya lebih fleksibel dalam memberikan pinjaman kepada individu dan usaha kecil dan menengah (UKM) dibandingkan dengan bank-bank besar.

Jenis-jenis Layanan BPR menawarkan berbagai jenis layanan, termasuk tabungan, deposito, kredit mikro, kredit usaha kecil, serta layanan pembayaran seperti transfer dan pencairan giro.

BACA JUGA:Bunga Nol Persen! Gunakan BCA Paylater Untuk Penuhi Kebutuhan, Bayar Nyicil Tinggal Scan Qris

Beberapa BPR juga dapat memberikan layanan jasa keuangan lainnya, seperti asuransi dan reksa dana. Menurut informasi dari situs sikapiuangmu.ojk.go.id, ada beberapa alasan mengapa menabung di BPR dapat menjadi pilihan yang cerdas:

• Suku Bunga Tabungan yang Bersaing dan Menarik: BPR menawarkan suku bunga tabungan yang kompetitif dan menguntungkan.

• Biaya Administrasi yang Ringan atau Bahkan Gratis: Beberapa BPR bahkan tidak mengenakan biaya administrasi, sehingga nasabah dapat menghemat uang.

• Jaringan Kantor yang Luas: Kantor-kantor BPR tersebar mulai dari kota hingga desa, sehingga nasabah memiliki akses yang lebih mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber