Ustadz Abdul Somad : 5 Prinsip agar Diri Kita Dapat Menghindari Perbuatan Dosa

Ustadz Abdul Somad : 5 Prinsip agar Diri Kita Dapat Menghindari Perbuatan Dosa

Ustadz Abdul Somad : 5 Prinsip yang harus dipegang teguh agar diri kita dapat selalu menghindari perbuatan dosa --Gambar : Tangkapan layar https://www.youtube.com/@ustadzabdulsomadofficial

BACA JUGA:Usai Menjabat Wagub Sumsel Mawardi Yahya Ajak Kader Gerindra Menangkan Prabowo di Pemilu 2024

Sehingga individu yang terus menerus melakukan perbuatan maksiat harus bersiap menghadapi potensi siksaan dari Allah SWT.

Lalu Pertanyaannya bagaimana seseorang dapat menghindari perbuatan maksiat dan dosa ini? Pandangan dari Ustadz Abdul Somad dapat menjadi panduan berharga dalam hal ini. 

Dengan mengamati prinsip-prinsip ini, seperti memperkuat iman, menjaga lingkungan yang baik, mendalami ilmu agama, menghindari godaan, dan bertaubat ketika melakukan kesalahan, diharapkan dapat membantu seseorang untuk menjauhkan diri dari perbuatan maksiat dan dosa serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Seperti yang telah dirangkum berdasarkan tausiah yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Somad melalui saluran YouTube religiOne pada tanggal 9 Agustus 2023 lalu. 

BACA JUGA:Astaga! Demi Cuan Mantan Presiden AS Donald Trump Manipulasi Laporan

Ia membahas mengenai persoalan maksiat ini, Ustadz Abdul Somad pun menceritakan pandangan seorang ulama sufi yang berpengaruh dalam sejarah Islam yaitu Syekh Ibrahim bin Adham. 

ia mengutarakan tentang suatu prinsip yang dapat membuat seseorang berhenti dari perbuatan dosa atau pun maksiat yaitu : 

Pertama, Ustadz Abdul Somad menyoroti pentingnya niat dalam hati manusia. Berkenaan dengan perbuatan dosa, dari prinsip Syekh Ibrahim bin Adham menjelaskan, Jika ada niat untuk melakukan dosa, ia menyuruh untuk tidak memakan rezeki yang diberikan Allah tersebut.

Sehingga hal ini dapat membuat kita berpikir jika kita ingin berbuat dosa, apakah kita tahan untuk tidak memakan rezeki yang Allah berikan ?

BACA JUGA:Jumlah Hot Spot Meroket, ISPU Palembang Sangat Tidak Sehat

Kedua, Ustadz Abdul Somad mengungkapkan  prinsip seorang ulama sufi tersebut bahwa 

"Jika engkau ingin melakukan perbuatan dosa, maka jangan pernah tinggal di negeri yang di mana itu milik Allah SWT," 

"jika Ada niatmu melakukan dosa, tinggallah sejauh mata memandang. Carilah permukaan bumi Allah tapi yang bukan milik Allah SWT. Maka itu tidak ada," kata Ustadz Abdul Somad dengan sebuah ayat Al-Quran.

Sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa tidak ada peluang bagi kita melakukan perbuatan dosa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber