Sumur Kering Warga Dempo Tengah Pagar Alam Rela Tempuh Perjalanan Jauh Demi Air Bersih

Sumur Kering Warga Dempo Tengah Pagar Alam Rela Tempuh Perjalanan Jauh Demi Air Bersih

Marna warga Dempo Tengah Rela Tempuh Perjalanan Jauh Demi Air Bersih, Rabu (27/09/2023).-foto/Hakim-PALTV

PALEMBANG,PALTV.CO.ID- Musim kemarau yang berkepanjangan telah memberikan dampak serius terhadap ketersediaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari penduduk beberapa desa di kecamatan Dempo Tengah, kota Pagar Alam.

Saat ini, penduduk menghadapi kesulitan besar dalam memperoleh pasokan air bersih di rumah mereka.

Kondisi ini terjadi karena banyak sumur milik penduduk yang mengalami penurunan jumlah air akibat kemarau yang berkepanjangan, dan ditambah dengan kurangnya pasokan air dari sistem pipa PDAM di daerah tersebut yang tidak berfungsi dengan baik.

Dampak dari situasi ini adalah penduduk desa-desa tersebut harus secara rutin melakukan perjalanan sejauh 7 kilometer ke sumber air terdekat untuk mengumpulkan air dengan menggunakan jerigen.

BACA JUGA:Kewaspadaan Terhadap Virus Nipah, Kemenkes Terbitkan Surat Edaran untuk Pemangku Kepentingan Kesehatan

Salah seorang penduduk desa, Marna, yang kami temui di sumber air di desa Jangga, yang sering disebut sebagai pancur manis, mengungkapkan bahwa dirinya sudah mengalami kekeringan selama satu bulan terakhir.

Dia menjelaskan bahwa setiap hari, ia harus datang ke pancur manis untuk mengambil air untuk digunakan di rumahnya, baik untuk kebutuhan minum, mandi, maupun mencuci pakaian.

Sementara itu, Dodi, seorang warga desa Simpang Mbacang, yang juga kami temui ketika sedang mengambil air, mengungkapkan bahwa pipa PDAM di daerah tersebut sudah tidak berfungsi selama empat tahun terakhir.


Dodi warga desa Simpang Embacang hendak pergi ke sungai untuk mengambil air demi mencukupi kebutuhan di Rumah, Rabu (27/09/2023).-foto/Hakim-PALTV

Masyarakat setempat bahkan belum pernah merasakan manfaat dari fasilitas tersebut. Menurut Dodi, kekeringan telah melanda sejak tiga bulan terakhir, dan sebagai solusi, ia harus mengambil air dari sungai.

Situasi ini menjadi masalah serius bagi penduduk di daerah tersebut, dan tindakan perlu diambil untuk mengatasi krisis air bersih yang semakin memburuk.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id