Ditreskrimsus Polda Sumsel Gagalkan Penyelundupan BBM Ilegal Lewat Jalur Laut

Ditreskrimsus Polda Sumsel Gagalkan Penyelundupan BBM Ilegal Lewat Jalur Laut

Plt Dirreskrimsus Polda Sumsel, AKBP Putu Yudha SIK MH (tengah), saat menunjukkan barang bukti BBM ilegal. --Foto : Mulyadi - PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Subdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel berhasil menggagalkan penyelundupan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar.

Dari pengungkapan penyelundupan BBM ilegal ini, anggota menyita 81 ton BBM ilegal dari dua tempat dengan lokasi yang berbeda, yakni di Jalan By Pass Alang Alang Lebar (AAL) Palembang dan di Perairan Sungai Musi Desa Pegayut Kabupaten Ogan Ilir. 

Tujuh orang turut diamankan dan kini telah ditetapkan tersangka  Penyelundupan BBM Ilegal, yakni P (21), WE (27), A (41), MH (24), merupakan warga Muba. Sementara IS (24), dan ASN (24), warga Kabupaten Banyuasin. Kemudian GS (51), warga Provinsi Lampung. 

Plt Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH mengatakan, pengungkapan Penyelundupan BBM Ilegal berawal dari penyergapan anggota di Jalan By Pass Alang Alang Lebar (AAL) terhadap sopir truk dengan tangki modifikasi. 

BACA JUGA:WOW! Gaji CPNS Formasi untuk Lulusan SMA Sentuh Rp7 Juta Lebih, Intip Rincian Gaji CPNS Tiap Golongan di Sini


Tujuh orang turut diamankan dan kini telah ditetapkan tersangka, yakni P (21), WE (27), A (41), MH (24), IS (24), dan ASN (24) GS (51)--Foto : Mulyadi - PALTV

"Setelah dilakukan pengembangan, kita melakukan penyergapan di Gudang yang berada di Desa Pegayut Ogan Ilir," Kata Putu, saat rilis ungkap kasus di Mapolda Sumsel, Jumat (22/09/2023). 

BBM ilegal itu, dijelaskan Putu, akan dibawa melalui jalur laut ke Provinsi Lampung menggunakan Kapal SPOB dengan nama lambung Dinar Jaya. 

"Sebelum diangkut ke kapal, BBM ilegal itu di tampung terlebih dahulu di Gudang dikawasan Desa Pegayut Kecamatan Pemungutan Ogan Ilir. Kemudian dimasukkan ke kapal menggunakan mesin pompa dan selang plastik sepanjang 100 meter," Jelasnya. 

Dari hasil pemeriksaan, para tersangka diduga mengangkut dari sumur minyak ilegal di Kecamatan Sanga Desa dan Babat Toman Kabupaten Muba. 

BACA JUGA:Tragedi Pria di Cina Tewas Ditimpa Barbel 100 Kg : Pelajaran Untuk Hati-Hati Berolahraga Dengan Alat Berat


Ditreskrimsus Polda Sumsel menyita 81 ton BBM ilegal dari dua tempat dengan lokasi yang berbeda--Foto : Mulyadi - PALTV

Petugas akan terus melakukan pendalaman dan pengejaran terhadap nahkoda Kapal SPOB Dinas Jaya yang tidak memiliki izin berlayar. 

"Kita lakukan pendalaman untuk mengungkap siapa pemesan BBM Ilegal dan siapa otak pelaku dari kasus ini," Tutur Putu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber