WOW! Gaji CPNS Formasi untuk Lulusan SMA Sentuh Rp7 Juta Lebih, Intip Rincian Gaji CPNS Tiap Golongan di Sini

WOW! Gaji CPNS Formasi untuk Lulusan SMA Sentuh Rp7 Juta Lebih,  Intip Rincian Gaji CPNS Tiap Golongan di Sini

WOW! Gaji CPNS Formasi untuk Lulusan SMA Sentuh Rp7 Juta Lebih, Intip Rincian Gaji CPNS Tiap Golongan di Sini!--Foto: berbagai sumber/editing disway PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setara dengan SMA kini memiliki peluang untuk mengikuti seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023.

Selain pengadaan PPPK, peluang ini juga terbuka untuk pengadaan CPNS. Salah satu instansi yang sedang membuka lowongan ini adalah Kementerian Hukum dan HAM.

Melalui pengumuman Nomor SEK.KP.02.01-633, Kementerian Hukum dan HAM membutuhkan sebanyak 1.000 CPNS lulusan SMA untuk posisi penjaga tahanan di 33 kantor wilayah.

Syarat untuk melamar posisi penjaga tahanan adalah minimal berusia 18 tahun dan maksimal 28 tahun dengan kualifikasi pendidikan setara SLTA atau sederajat, sesuai dengan pengumuman Kementerian Hukum dan HAM pada Rabu (20/9/2023).

BACA JUGA:Langkah Cepat Direksi Pusri Palembang, Mobilitasi Personel dan Aksi Tanggap dalam Pemadaman Karhutla di OI

Gaji yang ditawarkan untuk posisi penjaga tahanan, baik pria maupun wanita, cukup menarik, dengan kisaran antara Rp 5,71 juta hingga Rp 6,26 juta. Jumlah CPNS yang dibutuhkan terbanyak adalah untuk penempatan di Jawa Tengah, yaitu sebanyak 115 orang.

Selain Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan Agung juga membuka lowongan untuk lulusan SMA dengan total 2.198 formasi untuk penjaga tahanan dan pengelola penanganan perkara dengan gaji berkisar antara Rp 5,66 juta hingga Rp 7,06 juta. CPNS penyandang disabilitas juga memiliki kesempatan dengan 57 formasi yang ditawarkan dengan gaji yang sama.

Selain seleksi CPNS, pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) juga tersedia untuk lulusan SLTA atau SMA sederajat.

Beberapa contoh posisi yang dibutuhkan adalah pemadam kebakaran di pemerintah daerah, seperti di Kabupaten Barito Selatan yang memiliki 41 formasi dengan gaji Rp 3 juta sampai Rp 4 juta, serta di Kabupaten Landak dengan 105 formasi pemadam kebakaran dan gaji Rp 2,33 juta sampai Rp 3 juta.

BACA JUGA:Pajak Motor Built Up Diatas 500 CC Naik Sebanyak 10 Persen: Dianggap Sebagai Motor Mewah

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKN) juga membutuhkan lulusan SLTA atau SMA sederajat untuk pengadaan PPPK Teknis, khususnya sebagai petugas lapangan keluarga berencana di berbagai daerah dengan gaji atau pendapatan berkisar antara Rp 2,51 juta sampai dengan Rp 6,74 juta.

Bagi yang berminat, tahapan pembuatan akun SSCASN adalah sebagai berikut:

1. Buka situs https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login.

2. Pilih "Daftar" di laman awal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber