Mengapa Orang Kaya Bisa Berhenti Merokok, Hitungan Pengeluaran Jika Kita Berhenti Merokok Sekarang

Mengapa Orang Kaya Bisa Berhenti Merokok, Hitungan Pengeluaran Jika Kita Berhenti Merokok Sekarang

Hitungan Pengeluaran Jika Kita Berhenti Merokok Sekarang-anaterate-Pixabay

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Merokok adalah kebiasaan buruk yang dapat berdampak serius pada kesehatan dan keuangan seseorang.

Banyak orang yang merokok mungkin tidak menyadari seberapa besar pengeluaran yang mereka habiskan untuk rokok.

Dalam artikel ini, kita akan membahas hitungan pengeluaran jika seseorang memutuskan untuk berhenti merokok saat ini dan bagaimana langkah ini dapat menguntungkan kesehatan dan kondisi keuangan mereka.

 Biaya Merokok

Sebelum kita membahas berapa banyak uang yang dapat dihemat dengan berhenti merokok, kita perlu memahami biaya sebenarnya dari kebiasaan merokok. Biaya merokok dapat dibagi menjadi dua komponen utama:

Biaya Langsung: Ini adalah biaya yang langsung terkait dengan pembelian rokok. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada merek dan lokasi, tetapi rata-rata, seorang perokok dapat menghabiskan sekitar $5 hingga $15 per bungkus rokok. Jika seseorang merokok satu bungkus sehari, itu bisa sekitar $150 hingga $450 per bulan.

BACA JUGA:Petani Bawang Merah Menjerit, Harga Bawang Merah Anjlok Sampai Rp 12.000 Per Kg

Biaya Tidak Langsung: Biaya ini seringkali terabaikan oleh perokok. Mereka mencakup biaya kesehatan tambahan, peningkatan premi asuransi kesehatan, dan potensi penurunan produktivitas akibat sakit atau kurangnya energi. Tidak ada perhitungan pasti untuk biaya ini, tetapi mereka bisa mencapai ribuan dolar per tahun.

 Hitungan Pengeluaran Jika Berhenti Merokok

Sekarang, mari kita lihat bagaimana kehidupan akan berubah jika seseorang memutuskan untuk berhenti merokok saat ini.

Economis Langsung: Jika seseorang berhenti merokok, mereka akan menghemat uang yang biasanya digunakan untuk membeli rokok. Jumlah ini dapat berkisar dari $150 hingga $450 per bulan, tergantung pada tingkat konsumsi. Dalam setahun, ini akan menghasilkan penghematan sekitar $1.800 hingga $5.400.

Biaya Kesehatan: Meskipun biaya kesehatan tambahan mungkin tidak langsung terasa, berhenti merokok akan mengurangi risiko penyakit serius seperti kanker, penyakit jantung, dan gangguan pernapasan. Ini berarti potensi penghematan jutaan dolar dalam biaya perawatan kesehatan, resep obat, dan kunjungan ke dokter.

BACA JUGA:BUMN Kejar Target Setoran Dividen di Tengah Ancang-ancang Regulasi OJK

Asuransi Kesehatan: Banyak perusahaan asuransi kesehatan menawarkan diskon atau premi yang lebih rendah kepada perokok. Dengan berhenti merokok, seseorang dapat menghemat uang dalam jangka panjang dengan mendapatkan premi yang lebih rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber