Meskipun Musim Kemarau, PDAM Tirta Randik Belum Alami Kesulitan Air Baku

Meskipun Musim Kemarau, PDAM Tirta Randik Belum Alami Kesulitan Air Baku

Meskipun kondisi air Sungai Musi telah sangat menyusut selama musim kemarau, namun hingga saat ini PDAM Tirta Randik belum mengalami kendala serius terkait ketersediaan air baku, Selasa (12/9/2023).--Dokumentasi PDAM Tirta Randik

MUSI BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Musim kemarau yang sudah memasuki puncaknya saat ini telah memberikan dampak serius terhadap ketersediaan air bersih di sejumlah wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), khususnya yang dilayani oleh PDAM Tirta Randik.

Debit air Sungai Musi, yang merupakan salah satu sumber utama air baku untuk PDAM Tirta Randik ini, mengalami penurunan signifikan.

Direktur Utama PDAM Tirta Randik Azmy Julian pada hari Selasa, 12 September 2023 menyatakan, meskipun kondisi air Sungai Musi telah sangat menyusut, hingga saat ini pihaknya belum mengalami kendala serius terkait ketersediaan air baku.

Di mana saat ini, PDAM Tirta Randik telah melayani sekitar 15 Kecamatan di Kabupaten Muba, yang mencakup sekitar 150 Desa dari total 227 Desa di daerah tersebut.

BACA JUGA:Kabar Gembira, Beli Motor Honda Vario 160 Gratis Minyak Goreng, Buruan Jangan Sampai Kehabisan

BACA JUGA:Waw! Bisa Bikin Kamu Kaya Mendadak! Ini Cara Dapat Saldo DANA Gratis Langsung Cair


Dirut PDAM Tirta Randik Azmy Julian meninjau kondisi air bersih di bak penampungan PDAM Tirta Randik, Selasa (12/9/2023).--Dokumentasi PDAM Tirta Randik

Azmy Julian juga menjelaskan bahwa ada empat Kecamatan yaitu Sungai Keruh, Jirak Jaya, Plakat Tinggi, dan Keluang, yang tidak mengandalkan Sungai Musi sebagai sumber air baku.

Mereka bergantung pada waduk atau embung yang ada di sejumlah Desa di daerah tersebut. Meskipun awalnya kondisinya mengkhawatirkan, saat ini situasi tersebut telah kembali normal dengan adanya hujan dalam beberapa hari terakhir.

"Saat ini ada empat kecamatan yang mengandalkan embung atau waduk sebagai air baku, yang saat ini memang sudah mendekati mengkhawatirkan semenjak musim kemarau ini. Alhamdulillah kemarin hujan agak terpenuhi sedikit, jadi sampai sekarang PDAM di Kecamatan tersebut masih tetap beroperasi," jelas Direktur Utama PDAM Tirta Randik Azmy Julian.


Bak penampungan air bersih PDAM Tirta Randik, Selasa (12/9/2023).--Dokumentasi PDAM Tirta Randik

Untuk Desa yang mengalami kekeringan, pihak PDAM Tirta Randik telah berkoordinasi dengan tim terpadu, untuk menyiapkan sarana dan prasarana penyediaan air bersih kepada masyarakat, baik melalui mobil tangki air maupun saluran pipa ke tempat penampungan air yang disediakan oleh pihak Desa.

BACA JUGA:3 Aplikasi Pinjaman Online Tercatat OJK Bunga Rendah Gak Bikin Kantong Melempem

BACA JUGA:Kabar Baik! Penerimaan 576 PPPK Kabupaten Ogan Ilir, Begini Tahapan Pendaftaran dan Tes Seleksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv