Sembilu Pelantour-1, Panjang Umur Segala Kebaikan dan Jiwa yang Saling Merawat

Sembilu Pelantour-1, Panjang Umur Segala Kebaikan dan Jiwa yang Saling Merawat

SEMBILU PELANTOUR-1 - Bertempat di LaCete Coffee and Roastery di Kota Palembang, Sembilu memulai tur keliling kabupaten kota di Sumatera Selatan. Selasa, 28 Februari 2023.-Devi Setiawan (Cek Dev)-PALTV

“Sembilu kan rilis sendiri, self release. Jadi rilis sendiri tak ada label. Jadi sistem keuangannya itu dengen menjual album secara mandiri, dengan mencetak merchandise secara mandiri. Dari hasilnya itulah dikumpulkan buat produksi album ketiga. Jadi berapa sanggupnya tadi itu, kalau mau diomongkan total karya Sembilu ini sudah sampai lima puluh lebih saat ini. Selama 2017 sampai dengan sekarang 2023 ini, total lagu Sembilu itu sudah ada lima puluh lebih. Tapi yang saat ini terekam dengan baik itu baru dua belas lagu, termasuk single Pulung yang kemaren dirilis. Jadi tergantung kemampuan finansial yang hasil dari tur ini yang berjualan lagu, berjualan rilisan fisik, memperkenalkan di (platform) digitalnya ada, kemudian jual merchandise. Itu bakal dipakai buat rilis album ketiga,” terang Ovi berapi-api.

Dalam pandangan Ovi, tur merupakan bagian dari proses berkesenian seorang musisi. Selain proses kreatif, produksi dan distribusi, musisi perlu menyelenggarakan tur untuk mempromosikan karya-karyanya ke khalayak umum. Melalui tur, musisi dapat memperkenalkan karya-karyanya secara langsung kepada audiens di lapangan. Selain itu, dari berinteraksi dengan kawan-kawan baru, pengalaman-pengalaman baru dan cerita-cerita baru di tempat lain, menurut Ovi dapat menjadi sudut pandang baru atau mendapat point of view yang berbeda dalam menciptakan karya-karya selanjutnya.

BACA JUGA:Gedung Bersejarah Rusak Parah, Tuntutan Gedung Kesenian Palembang Kian Menguat


SEMBILU PELANTOUR-1 - Penampilan Ovi membawakan lagu-lagu Sembilu diiringi tiupan saksofon Aldo. Selasa, 28 Februari 2023.-Mira Haris-

“Sebelum lanjut ke proses penciptaan karya lagi, tur ini secara tak langsung membuat kita langsung melihat lapangan, bertemu dengan kawan-kawan baru, pengalaman-pengalaman baru, serta cerita-cerita baru yang mungkin bisa jadi point of view atau sudut pandang baru buat karya-karya selanjutnya,” kata Ovi.

Sebagai tur mandiri, Pelantour-1 ini dapat terselenggara berkat niat kuat dan kerja keras Ovi, serta dorongan semangat dari ibunda Ovi tercinta. Selain itu, sudah tentu dukungan dari kawan-kawan di tiap kabupaten dan kota yang disinggahi Sembilu. Ovi sangat berterima kasih kepada semua pihak yang membantu penyelengaraan Pelantour-1. Ovi merasa terharu dan salut atas kerja sama model gotong royong dari kawan-kawan dan pihak terkait.

“MC dibantu secara cuma-cuma. Dari musisi pembuka juga cuma-cuma juga, dari sound system dibantu, dari kafe membantu akomodasi, dan transportasi juga, itu sangat membantu. Berarti dari nilainya yang bisa ditangkap adalah nilai gotong royong di Sumatera Selatan ini masih ada. Asal mau besilaturahmi dan bekerja sama, membuka diri untuk berkarya dan saling berbagi hal-hal yang baik,” ungkap Ovi.

Ovi kemudian berpesan kepada kawan-kawan musisi di Palembang dan di kota-kota lain untuk sama-sama belajar, saling mendukung, saling menjaga, saling merawat, dan saling memberi tahu. Ovi juga berharap musisi di Palembang karya-karyanya dapat terdokumentasi dengan baik, punya album, tetap berkarya, bisa menjalani proses kreatifnya dengan menikmati tanpa ada keluhan.

BACA JUGA:‘Love Of My Life’, Gambaran Perasaan Freddie Mercury


SEMBILU PELANTOUR-1 - Selain menampilkan lagu-lagu karya Sembilu, acara di LaCete ini juga membedah karya yang dipandu MC Ali Alkaf dan Dayat. Selasa, 28 Januari 2023.-Devi Setiawan (Cek Dev)-PALTV

“Yang pasti itu karya-karyanya sih, karya-karyanya bisa terdokumentasi dengan baik dan bisa dinikmati oleh khalayak umum, bukan cuma di Palembang tapi seluruh dunia. Apalagi sekarang ini kan sudah digital. Jadi segala sesuatunya tadi bisa dinikmati secara luas tanpa ada penghalang lagi. Jadi, banyak platform musik digital bisa digunakan dengan baik asal saling mengingatkan, saling berbagi, saling menjaga apa yang bisa dijaga. Yang penting itu silaturahmi antara musisi Palembang ini, biar karya-karya kita ini sama-sama bisa dinikmati oleh seluruh khalayak umum, bukan saja di Indonesia tapi di seluruh dunia, karena karya-karya musisi Palembang ini luar biasa semua,” tandas Ovi menutup perbincangan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv