Tim BPBD Banyuasin dengan Bantuan Helikopter Water Bombing Antisipasi Karhutla

Tim BPBD Banyuasin dengan Bantuan Helikopter Water Bombing Antisipasi Karhutla

Selain tim darat, BPBD Banyuasin juga minta bantuan helikopter water bombing untuk antisipasi melalui udara.--Dokumentasi BPBD Banyuasin

BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuasin dibantu oleh TNI, Polri, masyarakat Banyuasin peduli api, dan Manggala Agni Banyuasin, saat ini sudah membentuk Posko guna antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang berada di kawasan Kabupaten Banyuasin.

Di Posko yang didirikan oleh BPBD Banyuasin sudah ada tim darat yang siaga di lokasi-lokasi rawan kebakaran.

Namun yang menjadi kendala bagi BPBD Banyuasin adalah masalah air, dikarenakan saat ini sedang musim kemarau dan terjadinya kekeringan. Untuk mengatasinya, BPBD Banyuasin meminta bantuan helikopter water bombing dari Provinsi Sumatera Selatan.

"Untuk antisipasi karhutla tim kita sudah siaga di Posko-posko. Namun masalahnya karena musim kemarau jadi kita sulit mendapatkan sumber air," ucap M Rhoma Dona selaku Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuasin.

BACA JUGA:Kejati Sumsel Gelar FGD Terkait Impikasi BAB Tindak Pidana Khsusus KUHP Baru

BACA JUGA:Sejarah Awal Mula Terciptanya Adanya Kapal Selam di Dunia


Tim darat BPBD Banyuasin sedang berjibaku memadamkan karhutla.--Dokumentasi BPBD Banyuasin

Tim BPBD Banyuasin, terkadang kesulitan dengan titik api yang sulit dijangkau oleh tim darat. Di sinilah peran penting tim BPBD Banyuasin meminta bantuan helikopter water bombing untuk antisipasi melalui udara.

"Tim kita kadang kesulitan melalui jalur darat, karena sulit dijangkau, kita minta bantuan helikopter water bombing melalui jalur udara," kata Rhoma Dona.

Dijelaskan oleh M Rhoma Dona, untuk saat ini karhutla yang terjadi di Kapubaten Banyuasin hampir melingkupi seluruh wilayah Banyuasin, terutama di wilayah Rantau Bayur dan Tanjung Lago, yang disebabkan musim panas dan lahan gambut.

"Untuk saat ini hampir seluruh wilayah Kabupaten Banyuasin terjadi karhutla, terutama di wilayah Rantau Bayur dan Tanjung Lago," pungkas Rhoma Dona.

BACA JUGA:Salah Seorang Pelaku Begal Sadis di Simpang BLK Dilumpuhkan Jatanras Polda Sumsel

BACA JUGA:Bahaya Menggunakan Wadah Plastik Untuk Makanan Ketika Kondisi Makanan Panas


M Rhoma Dona, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuasin.-Suryadi-PALTV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv