Cerita Mistis di Indonesia: Misteri Gunung Lawu yang Dikutuk oleh Prabu Brawijaya

Cerita Mistis di Indonesia: Misteri Gunung Lawu yang Dikutuk oleh Prabu Brawijaya

Cerita Mistis di Indonesia: Misteri Gunung Lawu yang Dikutuk oleh Prabu Brawijaya.--Foto: instagram/@canrosimartama

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kisah-kisah mistis yang berhubungan dengan suatu objek, baik itu danau, perkampungan, kawah berapi, atau gunung, memiliki daya tarik yang unik.

Seringkali, cerita-cerita mistis tersebut menjadi daya tarik utama bagi pengunjung yang ingin mengunjungi tempat-tempat di mana kisah-kisah tersebut berasal.

Salah satu contoh dari kisah mistis tersebut adalah yang terkait dengan Gunung Lawu. Gunung ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Karanganyar dan Magetan, Jawa Timur, dan sering kali disebut sebagai "Seven Summits of Java" atau "Tujuh Puncak Pulau Jawa."

Bukan hanya karena keindahan alamnya, tetapi juga karena kisah mistis yang menyelimuti gunung ini, Gunung Lawu seringkali ramai dikunjungi oleh para pendaki yang ingin berziarah atau melakukan ritual di puncaknya.

BACA JUGA:Hendri Zainuddin Ditetapkan Sebagai Tersangka dalam Dugaan Korupsi KONI Sumsel, Tidak Dilakukan Penahanan

BACA JUGA:Sempat Mangkir, Hendri Zainuddin Hadir dan Diperiksa Intensif Oleh Penyidik Pidsus Kejati Sumsel

Kisah mistis yang melibatkan Gunung Lawu berhubungan dengan sebuah kutukan yang diberikan oleh Prabu Brawijaya V. Konon, Prabu Brawijaya V adalah Raja Majapahit yang terakhir.

Gunung Lawu sendiri memiliki tiga puncak utama, yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan Hargo Dumilah, yang dipercayai dijaga oleh dua makhluk gaib bernama Dipa Menggala dan Wangsa Menggala.

Menurut legenda, kedua penjaga ini dulunya adalah manusia biasa dan merupakan kepala dusun di sekitar kaki Gunung Lawu yang setia menemani Prabu Brawijaya V saat dia mengasingkan diri di gunung tersebut.

Kisah mengenai Dipa Menggala dan Wangsa Menggala telah turun temurun diwariskan oleh penduduk sekitar Gunung Lawu. Karena kesetiaan mereka saat mendampingi Prabu Brawijaya V, Dipa Menggala diangkat sebagai penguasa Gunung Lawu yang memerintah semua makhluk gaib di wilayahnya.

BACA JUGA:Usut Dugaan Korupsi Pasar Cinde, 3 Pentolan PD Pasar Palembang Jaya Diperiksa Kejati Sumsel

BACA JUGA:Mobil Hijau Kejaksaan Tinggi Sumsel Stand By Depan Gedung Kejati Sumsel, Ada Apa Ini?

Wilayah kekuasaannya meliputi barat hingga Gunung Merapi dan Merbabu, timur hingga Gunung Wilis, selatan hingga Pantai Selatan, dan utara hingga Pantai utara. Gelarnya adalah Sunan Gunung Lawu. Sedangkan Wangsa Menggala diangkat sebagai patih dengan gelar Kiai Jalak.

Ketiga puncak Gunung Lawu dianggap sebagai tempat-tempat yang sakral di Tanah Jawa. Sebagai contoh, Puncak Hargo Dalem dipercayai sebagai tempat di mana Prabu Brawijaya V mengalami moksa setelah memeluk agama Islam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber