Penting Diketahui: Ini Tujuh Tanda Tubuh yang Menunjukkan Kadar Gula Darah yang Tinggi

Penting Diketahui: Ini Tujuh  Tanda Tubuh yang Menunjukkan Kadar Gula Darah yang Tinggi

Kenali tanda-tanda tubuh ketika mengalami gula darah tinggi.--instagram.com/@dietkenyang

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Gula darah yang tinggi atau hiperglikemia adalah kondisi medis yang terjadi ketika kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal.

Kadar gula darah yang tinggi menunjukkan kondisi ini sering kali dikaitkan dengan diabetes tipe 2, tetapi juga bisa terjadi pada individu tanpa riwayat diabetes.

Mengenali tanda-tanda tubuh yang mengindikasikan kadar gula darah yang tinggi sangat penting agar langkah-langkah pencegahan dan pengelolaan dapat diambil sesegera mungkin.

Tujuh tanda tubuh yang menunjukkan kadar gula darah yang tinggi:

BACA JUGA:Pilih Mana Snapdragon atau MediaTek? Yang Hobi Gaming Wajib Tahu Beda Perangkat Ini

1.  Sering Merasa Haus dan Haus yang Berlebihan Salah satu tanda pertama kadar gula darah yang tinggi adalah rasa haus yang berlebihan. Glukosa yang berlebih dalam darah dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan secara lebih cepat melalui urin.

Akibatnya, tubuh merasa haus dan berusaha untuk menggantinya dengan minum lebih banyak air.

2.  Sering Buang Air Kecil (Sering Kencing) Kadar gula darah yang tinggi juga dapat menyebabkan frekuensi buang air kecil yang lebih sering.

Ginjal berusaha untuk menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin, yang mengakibatkan Anda merasa perlu buang air kecil lebih sering dari biasanya.

 BACA JUGA:Cegah Kanker Serviks, Dinkes Palembang Kejar Capaian Vaksin HPV

3.   Penurunan Berat Badan yang Tidak Diinginkan Meskipun tampaknya kontradiktif, peningkatan kadar gula darah bisa menyebabkan penurunan berat badan yang tidak diinginkan.

Hal ini terjadi karena tubuh mulai memecah otot dan lemak sebagai sumber energi alternatif ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan glukosa dengan efisien. 

4.   Kelelahan yang Berlebihan Tubuh yang mengalami hiperglikemia cenderung merasa lelah dan lemah.

Kadar gula darah yang tinggi dapat mengganggu kemampuan sel-sel untuk menggunakan glukosa sebagai sumber energi, sehingga menyebabkan kelelahan yang berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber