Kelompok Orang-Orang yang Perlu Menghindari Minum Air Kelapa, Siapa Saja?

Kelompok Orang-Orang yang Perlu Menghindari Minum Air Kelapa, Siapa Saja?

Kelompok Orang-Orang yang Perlu Menghindari Minum Air Kelapa, Siapa Saja?--Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Air kelapa merupakan minuman yang disukai banyak orang karena rasanya yang enak dan kaya nutrisi.

Namun, tidak semua orang bisa menikmati manfaat minuman ini. Ada banyak kategori orang yang tidak boleh minum air kelapa karena dapat menimbulkan efek buruk atau membahayakan kesehatannya. 

Air kelapa diketahui kaya akan potasium. Ketika ginjal gagal, tubuh tidak dapat memproses kalium dengan baik. Akibatnya, meminum air kelapa bisa menyebabkan hiperkalemia, atau kondisi dimana kadar kalium dalam tubuh terlalu tinggi. 

Pertama, orang yang menderita gagal ginjal sebaiknya menghindari minum air kelapa. Air kelapa diketahui memiliki kandungan kalium yang tinggi.

BACA JUGA:16 Khasiat Ajaib Air Kelapa Hijau yang Mengandung Berbagai Manfaat Bagi Tubuh


minum air kelapa bisa menyebabkan hiperkalemia --Foto : Freepik.com

Saat seseorang mengalami gagal ginjal, tubuh tidak bisa mengolah kalium dengan baik. Akibatnya, minum air kelapa bisa menyebabkan hiperkalemia atau kondisi kadar kalium di dalam tubuh terlalu tinggi.

Kedua, penderita sindrom iritasi usus besar (IBS) sebaiknya tidak mengonsumsi air kelapa. Air kelapa adalah obat dan terutama digunakan untuk mengobati jerawat. Minum air kelapa dapat meredakan sakit perut dan diare pada pasien IBS yang mengalami masalah pencernaan. 

Ketiga, penderita gula darah tinggi atau diabetes juga sebaiknya menghindari konsumsi air kelapa. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa meskipun air kelapa bukan minuman manis, namun kaya akan karbohidrat dan kalori. Karbohidrat dan kalori dalam air kelapa diolah oleh tubuh menjadi gula darah.

Keempat, ketika penderita diabetes mengonsumsi air kelapa, gula darah dalam tubuhnya menjadi sulit dikendalikan. 

BACA JUGA:Kenya di Ujung Tanduk, Kelaparan dan Kekeringan Menyebabkan Kekurangan Gizi

Keempat, masyarakat yang bersiap menjalani operasi disarankan untuk tidak mengonsumsi air kelapa. Air kelapa bersifat diuretik dan meningkatkan produksi urin.Selain itu, air kelapa kaya akan elektrolit. 

Elektrolit adalah mineral yang membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh. Namun, mengonsumsi terlalu banyak elektrolit dapat membuat tubuh dehidrasi dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan

Kelima, penderita tekanan darah rendah juga sebaiknya menghindari minum air kelapa. Air kelapa merupakan produk diuretik yang meningkatkan produksi urin dan aliran darah dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber