The Tielman Brothers Pelopor 'Indo-Rock' Asal Indonesia Sukses di Eropa

The Tielman Brothers Pelopor 'Indo-Rock' Asal Indonesia Sukses di Eropa

The Tielman Brothers.-The Tielman Brothers-instagram.com/@thetielmanbrothers

4. The Tielman Brothers pencetus aliran musik “Indo-Rock”

BACA JUGA:Nikmatnya Barongko Kuliner Khas Bugis

Perjalanan Tielman Brothers dimulai dari Surabaya ke Belanda, menampilkan permainan gitar ala Keroncong-Portugis yang telah dimulai sejak abab 14. Tielman Brothers mengemas dan memadukan musik manca negara (barat) dengan musik daerah Indonesia. Dari hasil kreativitas mereka itu lahirlah genre musik “Indo-Rock” yang di kemudian hari dikenal dunia sebagai musik “Rock and Roll”.

5. Selain atraksi yang unik, gitar juga unik!

Pada tahun 1961, Andy Tielman memodifikasi gitar Gibson Les Paul miliknya. Andy merasa terlalu berat saat memainkannya. Andy lalu mengganti gitarnya dengan Olympic White Jazzmasters. Gitar Jazzmaster ini dimodifikasi sendiri menjadi bersenar sepuluh. Setelah berhasil memodifikasi, Andy mendapatkan sound baru yang sangat bagus dari gitarnya itu. Dari keunikan gitar senar sepuluh inilah muncul sebuah inspirasi baru kepada band-band lainya, untuk meniru gitar unik tersebut. Dari hasil inovasi yang dilakukan Andy Tielman, perusahaan gitar listrik sekelas Fender sempat meliriknya. Hal ini senada dengan apa yang ditulis oleh seorang peneliti asal Belanda, Cess Bakker (ensiklo.com).

6. The Beatles mampir untuk menonton penampilan Tielman Brothers

BACA JUGA:Arsenio Arkan FC Tetap Lolos ke Babak Enam Besar walau Kalah dari PS Palembang


Penampilan atraktif The Tielman Brothers.-The Tielman Brothers-instagram.com/@thetielmanbrothers

John Lennon dan Paul McCartney sempat hadir menyaksikan pertunjukan aksi panggung The Tielman Brothers. Pada saat itu, The Beatles masih menjadi band kafe Hamburg, Jerman. mereka mengagumi The Tielman Brothers, dan menjadi inspirasi John dan Paul dalam mengembangkan bakat musik mereka.

7. The Tielman Brothers menjadi sejarah musik rock yang dikenang

Satu per satu The Tielman Brothers tutup usia. 25 Juni 1993, Jane Tielman sang vokalis meninggal dunia. Satu tahun berikutnya sang drummer Loulou Tielman meninggal dunia di Australia pada 4 Agustus 1994. Sementara pemain bass Ponthon Tielman sendiri meninggal dunia di Jember, Jawa Timur pada 29 April tahun 2000 silam. Sebagai Frontliner The Tielman Brotrhers, Andy Tielman meninggal dunia pada hari Kamis 10 November 2011 di Rijswijk dekat Deen Haag, akibat sakit kanker yang dideritanya semenjak tahun 2009. Lalu disusul oleh Reggy Tielman sebagai generasi terakhir The Tielman Brothers, wafat pada hari Rabu 12 Maret 2014 di Den Haag (Belanda).

Warga Belanda dan penggemar musik rock n roll di Eropa merasa kehilangan pelopor musik Indo-Rock. Di sisi lain, Indonesia pun merasakan kesedihan telah kehilangan sosok Tielman Brothers.

BACA JUGA:Untung Hilang Saat Memancing di Sungai Enim

Itulah tadi tujuh fakta tentang The Tielman Brothers Sang Legenda. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan.* (Ahmad Ramli, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ensiklo.com