Nikmatnya Barongko Kuliner Khas Bugis

Nikmatnya Barongko Kuliner Khas Bugis

Masyarakat Bugis di perairan Banyuasin masih menyajikan Barongko pada setiap acara hajatan dan hari besar, Senin 23 Januari 2023.-Sulaiman-PALTV

BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Meski Jauh dari Sulawesi, namun Barongko masih dapat dinikmati masyarakat Bugis di perairan BANYUASIN. Seperti di Desa Muara Baru Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten BANYUASIN yang kerap menyajikan Barongko sebagai menu makanan ringan.

Dalam memasak Barongko ini, ibu-ibu di Desa Muara Baru melakukannya secara bergotong royong. Sehingga suasana kekeluargaan tampak sangat kental.

Barongko sendiri terbuat dari campuran pisang, telur dan susu yang dibalut dengan daun pisang dan kemudian dikukus.

Rasanya yang manis dan bertekstur lembut membuat sebagian masyarakat Bugis di Makarti Jaya kerap menyajikan Barongko pada acara besar untuk menyambut tamu penting.

BACA JUGA:Video: Asyiknya Makan Sambil Bermain Kelinci

BACA JUGA:Tempat Wisata Kuliner Melegenda di Palembang, Dijamin Enak dan Patut Dicoba


Barongko disajikan bersama makan khas lain di perairan Banyuasin, Senin 23 Januari 2023.-Sulaiman-PALTV

“Barongko ini khas Bugis. Disajikan setiap ada acara hajatan baik sukuran, pernikahan maupun waktu lebaran,” jelas Siri Hawa warga Desa Muara Baru.

Sementara itu, Anggota DPRD Banyuasin Herawati yang juga keturunan Bugis mengaku senang lantaran masyarakat desa tetap menjaga kearifan lokal.


Barongko makanan khas Bugis.-Sulaiman-PALTV

“Alhamdulillah kami selaku Dapil Makarti Jaya merasa bangga dengan kearifan lokal yang ada di Makarti Jaya ini di mana kuliner dari masyarakat Sulawesi Selatan khususnya Barongko selalu disajikan. Saya juga selaku perwakilan masyarakat Sulawesi Selatan merasa bangga. Kebetulan juga Kepala Desa yang mengadakan acara pada saat ini merupakan warga dari Sulawesi Selatan. Dan walaupun bukan acara dari orang Sulawesi, tetap itu Barongko ada,” ujar Herawati.

Selain Barongko, masyarakat Desa Muara Baru juga menyajikan menu khas lainnya seperti lupis, agar-agar dan pempek udang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv