Untung Hilang Saat Memancing di Sungai Enim

Untung Hilang Saat Memancing di Sungai Enim

PENCARIAN KORBAN TENGGELAM - Tim BPBD Kabupaten Muara Enim bersama tim Damkar dan Basarnas Pagaralam dibantu warga sekitar melakukan pencarian korban hanyut di Sungai Enim.-Yansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Tim BPBD Kabupaten Muara Enim bergabung dengan Tim Damkar dan Basarnas Pagaralam, melakukan pencarian warga Dusun V Talang Berangin Desa Pulau Panggung Kecamatan Semendo Darat Laut (SDL) Kabupaten Muara Enim yang diduga hanyut di Sungai Enim.

Korban yang bernama Untung Agung Surapati sebelumnya dikabarkan menghilang saat memancing ikan di tepian Sungai Enim sekitar pukul 18.00 WIB kemarin Rabu 25 Januari 2023. Korban diduga terseret arus sungai saat berada di perairan sungai hingga menghilang.

Mendapatkan laporan, Tim BPBD Muara Enim langsung turun ke lokasi kejadian lalu bergabung dengan tim pencarian lainnya dan dibantu warga sekitar. Dalam pencarian BPBD mengerahkan personil dengan menggunakan perahu karet untuk menyusuri sungai pada hari pertama.

Dari keterangan Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Muara Enim Hasbi Rizal, timnya sudah terjun ke lapangan bergabung dengan tim lainnya dan dibantu warga untuk melakukan pencarian korban. Tim Pencarian dipecah menjadi beberapa kelompok agar lebih efektif. Beberapa tim perahu karet dan warga melakukan penyusuran hingga lima kilometer dari lokasi kejadian. Sedangkan tim lainnya melakukan gerakan circle atau zigzag di beberpa titik sungai untuk mengangkat jasad korban yang masih berada di antara dasar sungai. Tim susur sungai melakukan penyusuran di sejumlah titik yang diduga bisa membuat jasad korban terangkut.

BACA JUGA:Video: Asyiknya Makan Sambil Bermain Kelinci

BACA JUGA:Video: Pemakaman COVID-19 di Gandus Aman dari Gusuran


Tim gabungan mengunakan perahu karet menyusuri Sungai Enim dalam pencarian korban Untung.-Yansyah-PALTV

Rizal mengatakan bahwa dalam pencarian korban tim disulitkan dengan tingginya intensitas air sungai dan ditambah lagi air sungai yang keruh menyulitkan pencarian. “Sampai saat ini kita terus melakukan pencarian dengan mengerahkan seluruh personil gabungan agar cepat mendapatkan hasil,” jelas Rizal.

Rizal kemdian melanjutkan penjelasannya bahwa hingga hari ini tim masih melakukan pola pencarian yang sama. Diduga jasad korban masih berada tak jauh dari titik hilangnya korban. Menurut Rizal, tim pencarian merasa beruntung dibantu warga sekitar yang peduli dan bekerja sama dan bisa meringankan pekerjaan tim. Selain itu, semakin banyaknya tim pencari maka upaya pencarian lebih besar peluangnya untuk cepat menemukan korban.


Tim pencarian melakukan gerakan melingkar dan zig zag di perairan Sungai Enim.-Yansyah-PALTV

"Memang tim kesulitan dalam melakukan pencarian karena faktor alam. Tim berharap saat melakukan pencarian tidak turun hujan karena arus sungai akan semakin deras, dan tentu akan menambah kesulitan dalam pencarian," tutup Rizal.

Tim gabungan akan terus melakukan pencarian terhadap korban hingga beberapa hari ke depan. Tim masih membutuhkan doa dari semua pihak agar korban cepat ditemukan. Dengan kejadian ini, pihak keamanan menghimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati saat melakukan aktivitas di sungai. Dengan keadaan cuaca yang sering turun hujan bisa membuat arus sungai bertambah deras dan intensitas air yang tinggi bisa membahayakan keselamatan.*

Sumber: paltv