The Tielman Brothers Pelopor 'Indo-Rock' Asal Indonesia Sukses di Eropa

The Tielman Brothers Pelopor 'Indo-Rock' Asal Indonesia Sukses di Eropa

The Tielman Brothers.-The Tielman Brothers-instagram.com/@thetielmanbrothers

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pengaruh musik sangatlah kuat di telinga pendengarnya. Dari zaman ke zaman musik telah banyak mengalami perubahan bahkan beberapa genre jenis musik pun telah banyak dimainkan, salah satunya musik beraliran rock n roll.

Musik rock n roll sendiri banyak dimainkan oleh beberapa musisi dunia seperti The Beatles, Led Zeppelin dan Rolling Stone. Aliran musik ini sangatlah asyik bila didengar. Memiliki instrumen irama yang kental syarat untuk bergoyang. Lantunan musik yang dibawakan dipadu dengan lagu yang enak dinyanyikan, membuat siapa saja terhibur bila mendengarnya.

Bila di Indonesia ada Koes Plus yang melegenda, maka di daratan Eropa ada the Tielman Brothers yang menjadi pelopor musik Indo-Rock pertama di Belanda yang beraliran musik rock n roll. Walaupun mereka berbeda zaman, namun pengaruh mereka sangatlah kuat di dunia panggung hiburan.

Jauh sebelum adanya The Beatles,  grup musik the Tielman Brothers telah hadir di dunia panggung hiburan. the Tielman Brothers terdiri dari enam personil yaitu Jane Tielman (vokal), Andy Tielman (led guitar, vokal), Hans Bax (rhythm guitar, vokal),  Rob Latuperisa (bass guitar, 6 senar bass), Regy Tielman (2nd led guitar, bass 6 senar), Loulou Tielman (drum, vokal).

BACA JUGA:Anti Mainstream: Tanjak Alat Musik Instrumental untuk Musik Eksperimental

Dikutip dari laman ensiklo.com, sebuah artikel yang berjudul “Tujuh Fakta tentang The Tielman Brothers Sang Legenda” mengungkapkan fakta-fakta seputar The Tielman Brothers.

1. Penampilan The Tielman Brothers selalu diisi dengan solo-solo instrumen dan atraksi yang ekstrim dan unik di masanya.

Berpenampilan dengan gaya yang unik dan nyentrik, Loulou Tielman sering melakukan solo drum dengan berjalan-jalan memukul drum sambil mengitari drumsetnya. Sedangkan Robb Latuperisa solo contra bass dengan posisi tidur, dan Andy Tielman menggunakan kakinya untuk solo gitar.

2. Tielman Brothers lahir dan besar di Indonesia

BACA JUGA:YouTuber Asal Kota Pempek Ini Namanya Kian Bersinar, Penghasilan Per Bulannya Sangat Fantastis


The Timor Rhythm Brothers cikal bakal The Tielman Brothers.-The Tielman Brothers-instagram.com/@thetielmanbrothers

Tielman Brothers berasal dari keluarga campuran Indo-Jerman, mereka Lahir dan tumbuh besar di Indonesia. Ayah Tielman Brothers sendiri adalah seorang tentara KNIL (tentara Hindia-Belanda) yang bernama Herman Dirk Tielman asal Kupang lahir di Manado pada tahun 1904. Sementara ibu Tielman bersaudara bernama Flora Lorine Hess wanita keturunan Jerman, lahir di Madiun (Jawa Timur) tahun 1901. Dari pernikahan Herman Dirk dan Flora Lorine ini, mereka dikaruniai anak, yaitu Reggy (Reginald), Ponthon, Andy, Loulou (Herman Lawrence), dan Jane (Janette Loraine).

3. Sebelum “Tielman Brothers” dengan nama “The Timor Rhythm Brothers” main di depan Presiden Sukarno

The Timor Rhythm Brothers pada bulan Desember 1949 sempat ke Jakarta untuk unjuk kemampuan di Istana Negara di hadapan Presiden Sukarno. Inilah titik awal cikal bakal Tielman Bersaudara dimulai. Mereka tampil dengan membawakan beberapa karya lagu dari Less Paul, Little Ricard, Fats Domino, Elvis Presley, Chuck Berry, Bill Haley, dan Gene Vincent. Mereka eksis sampai tahun 1957.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ensiklo.com