8 Manfaat Wortel bagi Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Wortel bagi Kesehatan Tubuh

Wortel bermanfat untuk kesehatan tubuh.-Couleur-pixabay.com/Couleur

Selain menjaga kesehatan mata, ternyata wortel memiliki manfaat lainnya seperti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Kaya akan kandungan serat yang terdapat pada wortel itulah yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat.

BACA JUGA:Rambut Tumbuh Cepat dengan Cara Ini, Patut Dicoba!

Sebuah penelitian di Amerika Serikat telah mengamati dan membuktikan hal tersebut, sejumlah peserta berhasil mengalami penurunan kadar kolesterol, dengan cara mengonsumsi wortel setiap hari dalam tiga minggu dengan porsi tertentu.

3. Menjaga kesehatan jantung

Selain menjaga kadar kolesterol darah, kandungan yang terdapat pada wortel juga dapat menurunkan resiko berbagai penyakit jantung, khususnya terjadinya masalah penyumbatan pembulu darah jantung atau jantung koroner.

Selain itu, kandungan antioksidan dan likopen yang terdapat pada wortel. Baik untuk jantung serta dapat membantu mencegah penyakit jantung. Meskipun hal ini perlu dikaji lebih lanjut.

BACA JUGA:Ingin Terlihat Awet Muda? Terapkan Cara Merawat Kulit Wajah Seperti Ini

4. Baik bagi penderita diabetes

Wortel sebagian besar mengandung air dan karbohidrat. Kandungan karbohidrat yang terdiri dari pati dan gula, seperti sukrosa dan glukosa memiliki manfaat untuk kesehatan yang dirasakan oleh penderita diabetes.

Kenapa konsumsi wortel mentah dianggap bermanfaat untuk penderita diabetes? Karena hal itu disebabkan wortel mempunyai indeks glikemik (GI) yang rendah. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah setelah makan.

5. Mencegah konstipasi

BACA JUGA:7 Efek Begadang bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 7 Bikin ‘Manyun’

Manfaat lain dari wortel adalah berguna untuk menurunkan risiko konstipasi dan membantu memperlancar buang air besar. Hal itu disebabkan oleh wortel juga memiliki kandungan serat tak larut utama, yakni selulosa, hemiselulosa, dan lignin.

6. Menurunkan risiko kanker

Tingginya kandungan beta-karoten yang terdapat pada wortel disebut-sebut memiliki efek dapat melindungi dari serangan jantung. Mengutip penelitian, beberapa jenis kanker yang dapat dicegah meliputi kanker prostat, kanker usus besar, kanker perut, hingga kanker payudara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: klikdokter.com